Ilustrasi--Sejumlah santri salah satu Ponpes di Krapyak, Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul saat memanfaatkan fasilitas cuci tangan. (Foto: Medcom.id/Ahmad Mustaqim)
Ilustrasi--Sejumlah santri salah satu Ponpes di Krapyak, Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul saat memanfaatkan fasilitas cuci tangan. (Foto: Medcom.id/Ahmad Mustaqim)

Belasan Santriwati di Cianjur Terpapar Covid-19

Nasional Virus Korona pondok pesantren Pencegahan Covid-19
Media Indonesia.com • 22 November 2020 16:21
Cianjur: Sebanyak 14 santriwati di salah satu pesantren di Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, terkonfirmasi positif covid-19. Saat ini mereka sedang menjalani proses isolasi mandiri di lingkungan pesantren.
 
Juru bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur, Yusman Faisal, mengatakan kasus baru konfirmasi di lingkungan pesantren bermula dari satu santriwati yang mengeluh mengalami hilang indera penciuman (anosmia). Gejala yang dialami santriwati itu kemudian dilaporkan orang tuanya ke Puskesmas Cilaku.
 
"Kemudian dari pihak Puskesmas Cilaku berkoordinasi dengan pimpinan pondok pesantren. Dari hasil koordinasi, tim dari puskesmas diizinkan melakukan pemeriksaan," kata Yusman, Minggu, 22 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Pengungsi Gunung Merapi di Magelang Bertambah
 
Terdapat 14 santriwati yang kala itu diketahui mengalami gejala hilang indera penciuman. Tim dari Puskesmas Cilaku kemudian segera melakukan tes usap (swab) terhadap santriwati itu.
 
"Tes swab-nya dilaksanakan pada 12 November. Hasilnya keluar pada 18 November. Semua yang diperiksa terkonfirmasi positif covid-19," ucap dia.
 
Kondisi tersebut membuat tim medis Puskesmas Cilaku dan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur menyegerakan melakukan penelusuran dan pelacakan kontak erat semua santri di lingkungan pesantren. Hasil penelusuran dan pelacakan, terdapat 60 santri dan guru yang terindikasi kontak erat.
 
"Terdapat delapan orang kontak erat yang bergejala termasuk gurunya," imbuhnya.

 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif