ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Dokter dan Perawat Positif Covid-19, IGD RSUD Kulon Progo Ditutup

Nasional Virus Korona pandemi covid-19 vaksin covid-19
Ahmad Mustaqim • 09 Januari 2021 13:55
Kulon Progo: Layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), ditutup sementara. Lantaran terdapat dokter dan perawat yang terkonfirmasi positif covid-19.
 
"Ada tiga dokter dan dua perawat yang tugasnya di IGD terkonfirmasi positif covid-19," kata juru bicara Pemerintah Kabupaten Kulon Progo untuk penanganan covid-19, Berty Murtiningsih, Sabtu, 9 Januari 2021.
 
Berty menjelaskan, penutupan sementara itu dilakukan sejak Jumat, 8 Januari hingga Minggu, 10 Januari 2021. Ia mengatakan, langkah itu diambil untuk proses sterilisasi ruangan gedung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, kata dia, tenaga kesehatan lain melakukan tes usap terhadap orang yang kontak erat. Ia menerangkan, layanan kedaruratan dipindahkan ke rumah sakit lain.
 
"Selama penutupan ini layanan gawat darurat dialihkan ke RSUD Nyi Ageng Serang Sentolo," ujarnya.
 
Baca: Ridwan Kamil Siapkan 3 Ribu Ruang Isolasi Covid-19 Non-RS
 
Ia mengungkapkan, masih menelusuri awal kasus penularan. Hasil semantara, seorang dokter lebih dulu dinyatakan positif covid-19 dan berlanjut ke tenaga kesehatan lain yang sempat kontak.
 
Baning memperkirakan dokter tersebut tertular saat menangani pasien. Tapi, proses penelusuran masih berjalan. 
 
"Mengingat ini layanan di IGD jadi ada dugaan yang bersangkutan tertular pasien positif yang ditanganinya," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Penanganan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo ini. 
 
Ia menambahkan, lima tenaga kesehatan itu dalam kondisi stabil. Baning menyebut kelimanya menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. 
 
Saat ini, ada sebanyak 42 tenaga kesehatan di Kulon Progo yang positif korona. Adapun kasus keseluruhan di wilayah itu terhitung Jumat, 8 Januari 2021, sebanyak 1.191 kasus. Rinciannya, 519 sembuh, 296 selesai isolasi, 331 isolasi mandiri, 23 dirawat di rumah sakit, dan 22 meninggal.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif