Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon. Foto: Antara/Hafidz Mubarak
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon. Foto: Antara/Hafidz Mubarak

Ketidakhadiran Myanmar di Parlemen Dunia Amat Disayangkan

Nasional konflik myanmar rohingya pengungsi rohingya
Raiza Andini • 06 September 2017 18:53
medcom.id, Nusa Dua: Sejumlah negara menyayangkan ketidakhadiran Myanmar dalam acara pertemuan parlemen dunia yang berlangsung di BNDCC Nusa Duam, Bali. Walau Myanmar memiliki hak untuk tak hadir dalam forum penting dunia, WPF rencananya mendiskusikan cara terbaik untuk mengatasi konflik Rakhine di negara tersebut.
 
"Kalau hadir ini lebih bagus. Ada pesan yang perlu disampaikan, karena ini adalah salah satu tragedi yang terjadi di negaranya. Mereka perlu mendengar bagaimana bangsa lain menanggapi ini," terang Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon usai rapat pleno World Parliamentary Forum on Sustainable Development, Rabu 6 September 2017
 
Kehadiran Myanmar sebenarnya sangat diharapkan delegasi 48 parlemen dunia nan hadir. Permasalahan etnis Rohingya bahkan menjadi topik utama dalam forum ini. Rata-rata negara yang hadir pun mengecam pembantaian yang dilakukan militer Myanmar terhadap etnis Rohingya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(Baca: Myanmar Abstain dalam Pertemuan Parlemen Dunia di Bali)
 
Seluruh lembaga legislatif di dunia di undang, terutama negara di Asia Tenggara. Namun, Myanmar menolak untuk hadir tanpa alasan yang jelas.
 
Meski abstain tanpa sebab, acara parlemen dunia ini tetap berjalan. Fokus pembahasan konflik di Rakhine State pun tak berubah. Fadli Zon mengatakan, seluruh dunia tidak bisa berdiam diri terhadap permasalahan tersebut.
 
"Masalah kemanusian seluruh dunia harus berinisiatif menghentikan kekerasan itu, inisiatif berupa memberikan bantuan, kemanusiaan dan lain-lain," tutupnya.
 
(Klik: Konflik Kemanusiaan dan Terorisme Pekerjaan Rumah Parlemen Dunia)

 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif