Ketua DPR RI Setya Novanto secara resmi membuka World Parliamentary Forum on Sustainable Development. Foto: MTVN/Raiza Andini
Ketua DPR RI Setya Novanto secara resmi membuka World Parliamentary Forum on Sustainable Development. Foto: MTVN/Raiza Andini

Konflik Kemanusiaan dan Terorisme Pekerjaan Rumah Parlemen Dunia

Nasional konflik myanmar parlemen rohingya pengungsi rohingya
Raiza Andini • 06 September 2017 13:36
medcom.id, Nusa Dua: Konflik kemanusiaan dan beragam serangan teror kerap terjadi di banyak belahan dunia. Konflik etnis Rohingya di Myanmar menjadi isu teranyar yang menyedot perhatian masyarakat internasional.
 
Ketua DPR RI Setya Novanto menyebut konflik kemanusiaan, aksi kekerasan, dan teror menjadi tantangan parlemen di dunia. Sebab, konflik dan aksi kekerasan amat memengaruhi perkembangan dan pembangunan suatu negara.
 
"Konflik-konflik dan aksi-aksi kekerasan termasuk kekerasan yang terjadi di masyarakat, dan terorisme yang masih terjadi di berbagai kawasan dunia, menjadi tantangan kita," tegas Novanto lewat di acara World Parliamentary Forum on Sustainable Development, BNDCC, Nusa Dua, Rabu 6 September 2017.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Konflik dan aksi kekerasan yang ada di dunia ini harus segera diakhir untuk mempercepat pembangunan 2030 mendatang. Parlemen pun harus mengambil peran aktif.
 
"Parlemen juga harus mengambil peran di sini untuk mencegah terjadinya kekerasan di tengah masyarakat," jelasnya.
 
Parlemen yang menjadi perwakilan dari rakyat juga harus menyosialisasikan pentingnya cara damai untuk mengatasi konflik antarmasyarakat. Seperti yang baru-baru ini terjadi di Myanmar.
 
"Kita harus berupaya mewujudkan masyarakat yang damai, adil, dan inklusif yang bebas dari rada takut dan kekerasan," katanya.
 
Pembangunan yang berkelanjutan tidak akan tercapai jika masih ada konflik dan aksi kekerasan di dunia. Karena itulah, semua elemen harus terlibat.
 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif