Jalur pedestrian lingkar Kebun Raya Bogor. Medcom.id/Rizky Dewantara
Jalur pedestrian lingkar Kebun Raya Bogor. Medcom.id/Rizky Dewantara

Wisatawan ke Kota Bogor Wajib Tunjukkan Hasil Tes Antigen Negatif

Nasional Virus Korona covid-19 Protokol Covid-19 Bima Arya Sugiarto
Rizky Dewantara • 24 Desember 2020 09:45
Bogor: Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor lakukan pengetatan aturan untuk menekan penyebaran virus covid-19 saat  libur Natal dan tahun baru 2021. Wisatawan dari luar Kota Bogor diwajibkan menunjukkan surat hasil tes cepat antigen status negatif.
 
"Para wisatawan diwajibkan menunjukkan hasil tes cepat antigen atau tes usap yang hasilnya negatif. Jika tidak menunjukkan maka para pelancong tidak diizinkan masuk ke lokasi wisata di Kota Bogor," ujar kata Wali Kota Bogor, Bima Arya, di Bogor, Jawa Barat, Kamis, 24 Desember 2020.
 
Bima menegaskan, pihaknya tidak menyediakan tempat tes cepat antigen di loaksi wisata. Sehingga wisatawan diharap mempersiapkan diri dengan melakukan secara mandiri.
 
"Kami sampaikan kepada seluruh masyarakat yang akan berlibur di Kota untuk mempersiapkan hasil tesnya," ungkap Bima.
 
Baca: Objek Wisata Air di Klaten Ditutup
 
Lebih lanjut, tempat-tempat wisata di Kota Bogor nantinya akan diawasi oleh satgas penanganan covid-19, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, dan Satpol PP Kota Bogor. Pihaknya juga akan memberikan teguran bagi empat wisata yang melanggar aturan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bagi pengelola tempat wisata yang tidak patuh, kami akan berikan sanksi teguran tertulis, denda, hingga penutupan izin usaha," akunya.
 
Bima kembali menjelaskan, aturan tersebut merupakan bagian dari penerapan pembatasan sosial berskala mikro dan komunitas (PSBMK) yang diperpanjang oleh Pemkot Bogor, sejak Rabu, 23 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021.
 
Sambung dia, aturan yang diterapkan Pemkot Bogor menyelaraskan dengan kebijakan yang diterapkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.
 
"Selama penerapan PSBMK pada 23 Desember 2020 hingga 8 Januari 2020, Satgas penananan covid-19 bersama Forkopimda, akan memperketat pengawasan tempat-tempat umum, serta melakukan patroli lebih gencar setiap hari untuk memastikan tidak ada kerumunan," ucap Bima.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif