Sebagian peserta Newmont Bootcamp batch 5 -- MTVN/Pelangi Karismakristi
Sebagian peserta Newmont Bootcamp batch 5 -- MTVN/Pelangi Karismakristi

Mencintai Indonesia Melalui Newmont Bootcamp

Pelangi Karismakristi • 22 Februari 2016 08:31
medcom.id, Lombok: Newmont Bootcamp batch 5 telah terlaksana selama sembilan hari. Peserta pun telah bertambah pengetahuannya, khususnya terkait dengan dunia pertambangan.
 
"Kegiatan seperti ini harus dilanjutkan, terutama bagi generasi muda. Agar sedini mungkin mereka terlibat dan merasakan bagaimana mencintai Indonesia melalui Bootcamp Newmont," terang Ang Tek Khun, peserta Newmont Bootcamp yang berprofesi sebagai penulis dan editor buku ini kepada medcom.id di Hotel Killa Senggigi Beach, Lombok, Senin (22/2/2016).
 
Peserta Newmont Bootcamp juga melihat sendiri bagaiman PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) melakukan berbagai program pengembangan masyarakat yang berdampak bagi masyarakat sekitar tambang. Program tersebut sengaja dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar tambang melalui pembangunan ekonomi berkelanjutan, pengembangan sumber daya manusia dan mereduksi dampak sosial yang bersifat negatif terhadap keberadaan tambang.

PT NNT juga membuka lapangan kerja sebanyak mungkin untuk masyarakat sekitar tambang serta membantu masyarakat untuk mengembangkan industri usaha kecil. Sehingga saat tambang ditutup nantinya, masyarakat tetap dapat hidup dengan sejahtera.
 
"Saya tertarik dengan program bank sampah. PT Newmont Nusa Tenggara berhasil menggerakkan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Masyarkat diajak mengumpulkan sampah untuk kemudian ditukar dengan uang atau ditabung," papar Timothy Wirjo, peserta Newmont Bootcamp lainnya.
 
Berbeda dengan tahun sebelumnya, Bootcamp Newmont tahun ini pesertanya lebih banyak dan berasal dari berbagai latar belakang. Sehingga lebih bervariasi.
 
"Tahun ini jumlahnya lebih besar, otomatis lebih seru. Mereka juga bisa mengikuti apa yang sudah kami tentukan. Semoga kita masih bisa melakukan kegiatan ini ke depan," tukas Specialist Media Relation PT NNT Arie Burhanuddin.
 
Selama Newmont Bootcamp pada 14-22 Februari, peserta setiap harinya membagikan pengalaman mereka melalui media sosial masing-masing. Peserta juga menuangkannya apa yang mereka dapatkan dalam tulisan blog, foto, maupun video.
 
Diharapkan, masyarakat menjadi paham bagaimana Newmont tetap peduli dengan lingkungan dan masyarakat di lingkar tambang. Keberanian PT NNT dengan program Sustainable Bootcamp yang membeberkan data sedetailnya kepada masyarakat tentang tambang dan dampak sosialnya patut diapresiasi.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(NIN)


BERITA LAINNYA

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan