Situasi usai tabrakan antara Motor Gede (Moge) Kawasaki ER-6N dengan motor matik di Jalan Boulevard Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, Minggu pagi, pukul 06.30 WIB. Dokumentasi/ Instagram Kabar Bintaro
Situasi usai tabrakan antara Motor Gede (Moge) Kawasaki ER-6N dengan motor matik di Jalan Boulevard Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, Minggu pagi, pukul 06.30 WIB. Dokumentasi/ Instagram Kabar Bintaro

Jadi Tersangka, Remaja Pengendara Moge di Bintaro Tidak Ditahan

Nasional kecelakaan lalu lintas media sosial sepeda
Farhan Dwitama • 03 Agustus 2021 19:05
Tangerang: Pengendara motor gede (moge), AS, 17, yang jadi tersangka kasus kecelakaan di Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, tidak ditahan. AS jadi tersangka karena dinilai lalai, sehingga menabrak pengendara matik hingga tewas.
 
"Karena statusnya anak di situ di Undang-undang sistem peradilan anak bahwa anak yang berhadapan dengan hukum itu mempunyai hak untuk tidak ditahan atau dipidana secara langsung," ungkap Kanit Laka Lantas Polres Tangsel, Iptu Nanda Setya Pratama Baso di Mapolres Tangsel, Selasa, 3 Agustus 2021.
 
Nanda menyebut, pihaknya juga bakal menerapkan restoratif justice terhadap tersangka. Pasalnya, tersangka masih berstatus anak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sesuai dengan perundang-undangan sistem pengadilan anak, jadi kami pertimbangkan lagi bahwa akan dikedepankan diversi atau mediasi, atau restoratif justice," tegas dia.
 
Baca: Remaja Pengendara Moge di Bintaro Jadi Tersangka
 
Dengan kata lain, ujarnya, sanksi pidana bukanlah jalan utama yang bakal ditempuh. Pihaknya bisa memberikan sanksi kepada remaja pengendara moge itu.
 
"Kami tidak akan serta merta mempidanakan pengendara moge, tapi akan kami kedepankan diversi tersebut," ucap dia.
 
Nanda memastikan, saat ini kondisi remaja pengendara moge itu dalam kondisi sehat. Hanya mengalami sedikit luka ringan akibat tabrakan.
 
"Untuk secara psikologis tersangka sendiri tidak ada kendala, hanya ada luka ringan dan kemudian hanya memar-memar di bagian wajah, gitu aja," jelas dia.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif