Sejumlah pekerja tampak di area Alun-alun Utara Yogyakarta, Senin, 8 Juni 2020. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
Sejumlah pekerja tampak di area Alun-alun Utara Yogyakarta, Senin, 8 Juni 2020. Medcom.id/Ahmad Mustaqim

Alun-Alun Utara Yogyakarta Tak Gelar Salat Idulfitri Tahun Ini

Nasional Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X Idulfitri 1443 Lebaran 2022 Salat
Ahmad Mustaqim • 25 April 2022 22:09
Yogyakarta: Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sekaligus Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan Hamengku Buwono X tak membolehkan kawasan Alun-Alun Utara dipakai untuk salat Idulfitri tahun ini. Warga bisa salat Idulfitri berjemaah di tempat lain. 
 
"Sudah dua tahun ini (Alun-Alun Utara) tidak digunakan, tetapi yang digunakan di Alun Alun Selatan," kata Sri Sultan di Yogyakarta, Senin, 25 April 2022. 
 
Dalam dua tahun terakhir memang salat Idulfitri belum dibolehkan digelar dalam jumlah besar karena pandemi covid-19. Padahal, sebelum itu kawasan Alun-Alun Utara hampir selalu dimanfaatkan publik, termasuk untuk salat Idulfitri. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat ini, kawasan Alun-Alun Utara telah dipagari dengan biaya Rp2,3 milliar pada Juni 2020. Terbaru, kawasan tersebut tanahnya diganti dengan pasir yang diklaim diambil dari lahan milik Kraton Yogyakarta. 
 
Baca: Sri Sultan Minta Pemudik Tak Lewat Tengah Kota Yogyakarta
 
Sri Sultan mengatakan masyarakat bisa salat Idulfitri di mana pun karena saat ini DIY berstatus PPKM Level 2. Menurut dia, pembatasan dalam status itu lebih longgar dibanding PPKM Level 3 dan 4. 
 
"Salat id boleh saja berjemaah, sekarang kita (DIY berstatus PPKM) di level 2 ketentuan itu sudah makin sedikit," ucapnya. 
 
Ia mengingatkan masyatakat yang nanti menjalankan salat Idulfitri tetap menjalankan protokol kesehatan. Meski sudah vaksin lengkap hingga booster, kata dia, penggunaan masker tetap harus dilakukan.
 
"Hanya kesadaran kita menggunakan masker sama prokes dijalankan. Di situ justru dibutuhlan kesadaran masyarakat untuk menggunakan prokes sama masker, itu paling penting," kata dia. 
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif