Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Medcom.id/Ahmad Mustaqim

Sri Sultan Minta Pemudik Tak Lewat Tengah Kota Yogyakarta

Nasional Mudik Lebaran Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X Lebaran 2022 Mudik Lebaran 2022 Info Mudik
Ahmad Mustaqim • 25 April 2022 18:46
Yogyakarta: Sebanyak 3,9 juta pemudik dan wisatawan diprediksi memasuki Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X mewanti-wanti agar pemudik tidak melewati tengah Kota Yogyakarta.
 
"(Pemudik) yang hanya lewat (DIY) tidak usah masuk tengah kota, nanti bisa macet semua," kata Sri Sultan di Yogyakarta, Senin, 25 April 2022.
 
Ia mengatakan 3,9 juta orang itu merupakan jumlah yang lebih besar dari jumlah total penduduk di DIY. Jumlah total penduduk di DIY saat ini sekitar 3,7 juta jiwa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sri Sultan menilai masyarakat yang akan mudik lebih baik mengambil waktu lebih awal atau tidak pada puncak arus mudik. Ia menilai hal itu untuk mengantisipasi kemacetan.
 
"Jumlah itu kan jadi hampir dua kali lipat penduduk DIY. Semoga mereka (mudik) tidak bersamaan. Lebih baik awal-awal begini bisa datang, daripada pas hari raya," katanya.
 
Baca: 16 Kendaraan Melintas di GT Palimanan Hari Ini
 
Ia mengungkapkan jajarannya berupaya menyiapkan pelayanan dan pengamanan arus mudik dengan berbagai instansi. Ia meminta pemerintah kabupaten/kota bisa mengarahkan jalur yang sekiraya tidak berisiko menimbulkan kemacetan.
 
Pemudik diarahkan melintas ke jalur alternatif yang bisa diakses. Meskipun, jalan tersebut belum familiar namun sudah dilengkapi dengan rambu-rambu petunjuk.
 
"Misalnya, semua kalau lewat jalan Solo, macet semua. Traffic ini jadi tantangan besar. Memang jalur-jalur itu belum tentu hafal bagi orang luar kota masuk Yogyakarta," kata dia.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif