Seorang warga mengambil air di tempat penampungan di Dusun Wonorejo, Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. (Foto: Metro TV/Amir Zakky)
Seorang warga mengambil air di tempat penampungan di Dusun Wonorejo, Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. (Foto: Metro TV/Amir Zakky)

Krisis Air Bersih Melanda Kabupaten Jombang

Nasional kemarau dan kekeringan krisis air bersih
Amir Zakky • 19 September 2020 15:29
Jombang: Musim kemarau menyebabkan ratusan warga di Dusun Wonorejo, Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, mengalami krisis air bersih. Persediaan air yang biasa didapat dari sebuah sumur, tak bisa mencukupi kebutuhan karena debit air kian menurun.
 
Basuni, 52, warga Dusun Wonorejo, mengaku, kondisi tersebut terjadi sejak tiga bulan terakhir. Selain akibat kemarau, krisis air juga diperparah dengan macetnya sumur Pamsimas (Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) yang dialirkan ke rumah-rumah.
 
“Di rumah sudah tidak ada air. Ambil airnya di sini (sumur bor) kadang lancar kadang tidak. Kalau warga itu banyak yang memilih mengambil air di Dusun Kopen, Desa Ngrimbi sekitar dua kilometer,” ujar Basuni, di lokasi pengambilan air, Sabtu, 19 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Bali Catat Tambahan 140 Pasien Positif Covid-19 Sembuh
 
Dusun Wonorejo, Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, berada di kawasan perbukitan di area lereng Gunung Anjasmoro. Dusun Wonorejo, dihuni sebanyak 48 kepala keluarga (KK) dengan total jumlah penduduk 180 jiwa.
 
Pasokan air yang masuk ke rumah-rumah penduduk seluruhnya berasal dari atas dusun tepatnya di Dusun Wonorejo, Desa Ngrimbi. Saat musim kemarau tiba, dusun tersebut selalu mengalami krisis air meski pemerintah sempat membuatkan sumur bor.

 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif