Belajar daring di Warung Kopi Rizki, Medcom.id/Farhan D
Belajar daring di Warung Kopi Rizki, Medcom.id/Farhan D

Warkop di Tangsel Gratiskan Internet untuk Belajar Daring

Nasional Pembelajaran Daring
Farhan Dwitama • 30 Juli 2020 16:32
Tangerang: Anhar Rizki Affandi, pemilik Warung Kopi Rizki di Jalan Raya Jombang Ciledug, Kota Tangerang Selatan, Banten, membebaskan fasilitas internet di warungnya untuk belajar daring. Dia mengaku, ide tersebut muncul lantaran anak-anak pelanggan warungnya kesulitan belajar daring selama pandemi covid-19.
 
"Saya melihat anak-anak pelanggan saya, rata-rata pengemudi online ini kesulitan belajar jarak jauh," ungkap Anhar, ditemui di Jalan Raya Jombang-Ciledug, Tangerang Selatan, Kamis 30 Juli 2020.
 
Rizki memberikan fasilitas jaringan internet untuk belajar siswa secara gratis. Para siswa bisa memanfaatkan Wifi di Warung Kopi Rizki sejak pagi hingga siang hari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Warkop ini sudah ada internetnya. Biasanya warkop baru ramai kalau sore. Sayang saja kan kalau (internet) enggak dimanfaatkan. Padahal tagihan tetap, dipakai atau engga dipakai," jelasnya.
 
Baca:Seorang ASN di Bandung Sedekah WiFi untuk Pelajar
 
Dia menerangkan, kapasitas bangku di warungnya sangat terbatas. Sehingga hanya bisa menampung maksimal empat siswa.
 
"Alhamdulillah responnya bagus. Banyak yang mendukung juga," terangnya.
 
Rizki mengaku, memberikan kesempatan untuk siapa saja yang ingin membantu anak-anak belajar daring dengan menyediakan gawai. Dia memastikan, anak-anak yang datang ke warungnya hanya untuk kegiatan belajar jarak jauh.
 
"Kalau yang pakai buat game online enggak ada. Kalau ada (gim daring) saya enggak mengizinkan. Mereka juga bebas saja, enggak mesti jajan atau bayar," terang ayah satu anak ini.
 
Dia menuturkan, pemberian fasilitas internet gratis bagi anak-anak belajar daring diberikan sampai proses belajar daring berakhir. Rizki pun mengaku tidak merasa rugi dengan memberikan fasilitas internet gratis tersebut.
 
"Kami juga buka donasi buat yang mau donasi handphone atau laptop buat (dipakai) adik-adik. Kita siap terima (salurkan). Saat ini, paling cuma HP saya kalau ada anak yang pinjam," ungkap dia.
 

(LDS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif