Bupati Jepara, Dian Kristiandi, bersama Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat bahas pengusulan Ratu Kalinyamat jadi pahlawan nasional. Medcom.id/ Rhobi Shani.
Bupati Jepara, Dian Kristiandi, bersama Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat bahas pengusulan Ratu Kalinyamat jadi pahlawan nasional. Medcom.id/ Rhobi Shani.

Miras Oplosan Makan Korban, Bupati Jepara Desak Perbanyak Razia

Rhobi Shani • 04 Februari 2022 11:16
VJepara: Peristiwa maut pesta minuman beralkohol (minol) oplosan jadi perhatian Bupati Jepara Dian Kristiandi. Pihaknya telah meminta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk meningkatkan razia minol.
 
"Sudah saya instruksikan kepada Satpol PP untuk lebih intens meningkatkan operasi penertiban penyakit masyarakat. Terutama di wilayah-wilayah yang rawan untuk dijadikan lokasi minum-minuman seperti itu," ujar Andi, sapaan Dian Kristiandi, Jumat, 4 Februari 2022.
 
Andi juga telah mendatangi Desa Karanggondang, yaitu desa tempat pesta minol oplosan. Ia memerintahkan kepala desa dan lembaga desa untuk meningkatkan pengawasan di lingkungan dan mengedukasi masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya sudah ketemu petinggi (kepala desa), BPD, dan tokoh-tokoh masyarakat setempat. Kepada mereka khususnya dan seluruh warga Jepara untuk terus mengawasi dan mengarahkan putra-putrinya, terutama mereka yang masih dalam kategori berusia remaja," kata Andi.
 
Baca juga: Viral, Lapak Baru PKL Malioboro Ditembus Air Hujan hingga Tergenang
 
Kepala Satpol PP Jepara, Abdul Syukur, menegaskan segera menggencarkan razia minol di seluruh wilayah Bumi Kartini. Ia menilai penyebaran miras hampir merata di semua wilayah Kota Ukir.
 
"Padahal kami sudah berkali-kali razia di sana (Desa Karanggondang). Tapi masih saja ada yang nekat jualan miras," kata Syukur.
 
Sejauh ini, lanjut Syukur, para penjual miras hanya dihukum dengan pasal Tindak Pidana Ringan (Tipiring). Maksimal, penjual minol yang terbukti bersalah, dihukum denda Rp50 juta.
 
"Sejauh ini belum ada yang dihukum badan (penjara). Rata-rata didenda uang dan barang buktinya disita," jelasnya.
 
Baca juga: Korban Tewas Minol Oplosan di Jepara Jadi 9 Orang

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif