Bangunan tempat relokasi PKL Malioboro. Medcom.id/ Ahmad Mustaqim
Bangunan tempat relokasi PKL Malioboro. Medcom.id/ Ahmad Mustaqim

Viral, Lapak Baru PKL Malioboro Ditembus Air Hujan hingga Tergenang

Ahmad Mustaqim • 04 Februari 2022 10:49
Yogyakarta: Sejumlah video kondisi tempat relokasi PKL Malioboro Yogyakarta atau Teras Malioboro, Kota Yogyakarta, DIY, ramai jadi perbincangan di media sosial instagram dan twitter. Isi video tersebut menunjukkan Teras Malioboro kemasukan air saat hujan pada Kamis, 3 Februari 2022. 
 
"Allahuakbar. Allahuakbar. Allahuakbar. Airnya masuk," ujar perekam video. 
 
Video dari instagram yang diunggah akun @lbhyogyakarta itu pada bagian awal menunjukkan lokasinya di Teras Malioboro I atau di eks Bioskop Indra. Para PKL yang berada di lokasi sebagian mencari tempat yang jauh dari terpaan air hujan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Teras satu Malioboro. Hujan, air masuk. Sama kaya di lapangan persis," ungkap suara dalam video. 
 
Pada lanjutan video tersebut juga terdapat kondisi Teras Malioboro II atau di bekas kantor Dinas Pariwisata DIY. Dalam rekaman video itu, situasi tempat relokasi PKL tersebut tak jauh beda. 
 
Baca juga: Over Kapasitas, 900 ODGJ Tinggal di Liponsos Surabaya
 
Di Teras Malioboro II itu dinilai tak ideal untuk berniaga. Selain itu, terjadi genangan saat hujan. 
 
"Teras 2 (Malioboro) tidak muat menampung air. Masih belum layak untuk jualan karena banjir, di sana banjir," kata perekam video. 
 
Sekilas, para PKL masih menata lapaknya karena dalam proses relokasi. Barang dagangan para PKL itu masih ditutupi terpal dengan warna berbeda-beda. Orang yang merekam video itu merasa tempat berjualan itu bisa kebanjiran saat hujan. 
 
"Padahal di bawahnya lapak-lapak untuk jualan. Iki bos keno nggo macing (bisa dipakai untuk mancing," lanjut si perekam video. 
 
Warganet banyak yang menanggapi dengan nada simpati dalam kolom komentar. "Innalillahi," kata salah satu komentar. Ada juga yang berkomentar "Ngene iki hasile to @diskopukm.diy pemboronge sinten nggeh," kata akun @arvinnuman. 
 
Ada pula yang komentar, "Fix besok pada males wkwk pas PKL di emperan toko kan walaupun padat ... udara masih bisa berganti... kalau di ruangan fix pengap secara logika.. ntar pada males," kata akun @gejolak.art

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif