Ilustrasi, alat pendeteksi tsunami. Foto: ANT/Andika Wahyu
Ilustrasi, alat pendeteksi tsunami. Foto: ANT/Andika Wahyu

Banyuwangi Siapkan Alat EWS Antisipasi Potensi Tsunami 20 Meter

Nasional tsunami bencana alam
Amaluddin • 30 September 2020 20:04
Banyuwangi: Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menyiapkan langkah antisipastif tentang adanya pontensi tsunami setinggi 20 meter. Langkah diawali dengan melakukan pemasangan alat early warning system (EWS) hingga penyiapan Desa Tangguh Bencana.
 
Plt Kepala Pelaksana BPBD Banyuwangi, Eka Muharram, mengatakan adanya hasil penelitian ITB yang menyebutkan potensi terjadinya tsunami di Pantai selatan Jawa menjadi perhatian bagi Banyuwangi. Karena Banyuwangi sendiri memiliki sejumlah kawasan yang berpotensi tsunami.
 
"Sejumlah tempat di Banyuwangi pernah mengalami tsunami hingga memakan korban. Maka adanya hasil riset perlu menjadi perhatian kita, sebagai bekal untuk kewaspadaan dan melakukan upaya antisipasi," kata Eka saat dikonfirmasi, Rabu, 30 September 2020

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Eka menjelaskan Desa Tanguh Bencana sudah ada sejak 2013 dan lokasinya pun di wilayah yang dinilai rawan terjadi bencana tsunami. Khusus untuk desa rawan bencana tsunami sendiri ada empat desa yang memilii risiko tinggi yakni Desa Sarongan, Desa Sumberagung, Desa Pesanggaran, Desa Grajagan.
 
"Di keempat desa tersebut sudah terbentuk Desa Tangguh Bencana. Desa Tangguh Bencana ini mempunyai kemampuan mandiri dalam menghadapi bencana hinnga memulihkan diri usai menghadapi bencana. Jadi warga di desa tersebut sudah tahu apa yang mesti dilakukan dalam menghadapi bencana khususya tsunami," jelasnya.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif