NEWSTICKER
Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Supriadi. Foto: Gonti Hadi Wibowo/medcom.id
Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Supriadi. Foto: Gonti Hadi Wibowo/medcom.id

Pemilik PO Bus Sriwijaya Terancam 5 Tahun Penjara

Nasional Kecelakaan Bus di Pagaralam
Gonti Hadi Wibowo • 26 Februari 2020 17:55
Palembang: Rizaldi, 53, pemilik Perusahaan Otobus (PO) bus Sriwijaya terancam kurungan lima tahun penjara. Rizaldi dianggap paling bertanggung jawab atas tewasnya 35 penumpang bus yang terjun ke dalam jurang di Likung Lematang, Desa Prahu Dipo, Dempo Tengah, Kota Pagar Alam, Sumatra Selatan, 23 Desember 2019.
 
Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Supriadi menyebut meski jadi tersangka, kepolisian tidak menahan Rizaldi lantaran dianggap kooperatif selama pemeriksaan berlangsung.
 
“Rizaldi dijerat Pasal 359 KUHP dengan ancaman di atas lima tahun penjara,” kata Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Supriadi, Rabu, 26 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Pemilik PO Bus Sriwijaya Ditetapkan Tersangka
 
Dari hasil penyelidikan, Bus Sriwijaya memiliki komponen yang sudah tidak laik lagi akibat usia. Pemilik bus juga tidak berinisiatif memperbaikinya dan justru masih menggunakan busnya sebagai alat transportasi antar provinsi sehingga kecelakaan tersebut terjadi.
 
“Kendaraan sudah tidak laik lagi dan muatan penumpang itu seharusnya 30-40 orang saja tetapi ini bisa sampai 57 penumpang,” kata Supriadi.
 
Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Sumsel Kombes Pol Juni mengatakan saat ini Polda Sumsel telah melimpahkan berkas kasus tersebut ke Kejaksaan Negeri Kota Pagar Alam pada 18 Februari 2020.
 
“Kasus ini ditangani oleh Polres Pagar Alam,” katanya.

 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif