Para pemudik yang tiba di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. (Medcom.id/Hendrik)
Para pemudik yang tiba di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. (Medcom.id/Hendrik)

Daerah Waspadai Hepatitis Akut, Arus Balik Telah Berlalu

Nasional hari raya idul fitri arus balik penyakit menular Berita Populer Daerah Lebaran 2022 Hepatitis Akut
Meilikhah • 09 Mei 2022 06:06
Jakarta: Sejumlah peristiwa terjadi pada Minggu, 8 Mei 2022. Beberapa di antaranya terangkum dalam kanal Daerah Medcom.id.
 
Peristiwa pertama yakni arus balik di sejumlah daerah yang sudah mencapai puncaknya dan di beberapa wilayah telah berlalu. Selain itu, seluruh daerah se-Indonesia juga tengah mewaspadai jangkitan Hepatitis Akut yang belakangan disebut hanya menyerang anak-anak. Berikut ulasannya.
 
1. Kasus Hepatitis Akut di Sumsel Nihil
 
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Selatan (Sumsel) memastikan belum ada  ditemukan kasus hepatitis akut di wilayahnya. 
 
Hal itu diketahui setelah tidak adanya laporan kasus hepatitis akut dari rumah sakit di 17 Kabupaten dan Kota di Sumsel.
 
"Hepatitis akut di Sumsel masih nihil. Kita berdoa bersama agar kasus ini tidak sampai masuk ke Sumsel," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel, Lesty Nurainy, Minggu, 8 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selengkapnya, di sini 
 
2. Pemkab Jepara Antisipasi Adanya Hepatitis Akut
 
Pemerintah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, mulai mengantisipasi kasus hepatitis akut. Bupati Jepara, Dian Kristiandi, mengatakan telah menerima surat himbauan kewaspadaan adanya kasus hepatitis akut dari pemerintah Provinsi Jawa Tengah.
 
"Sampai saat ini belum ada (kasus hepatitis akut), tapi Dinas Kesehatan sudah kami minta untuk berkoordinasi dengan rumah sakit untuk meningkatkan kewaspadaan dan melakukan eduksi kepada masyarakat pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat," kata Dian Kristiandi di Jepara, Minggu, 8 Mei 2022.
 
Selengkapnya, di sini
 
3. Puncak Arus Balik di Pelabuhan Merak Sudah Berlalu
 
Puncak arus balik di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, disebut telah terjadi pada Sabtu, 7 Mei 2022.
 
Kabid Humas Polda Banten, Kombes Shinto Silitonga, mengatakan pada hari itu jumlah penumpang mencapai 160.143 orang dari Pelabuhan Bakauheni dan tiba di Merak.
 
"Jumlah penumpang pada puncak arus mudik (Merak-Bakauheni) pada Jumat (29 April 2022) sebanyak 155.812 orang, naik menjadi 160.143 orang pada puncak arus balik (Bakauheni-Merak) Sabtu (7 Mei 2022), yang artinya naik 4.331 orang atau 2,7%," kata Shinto dalam keterangan pers, Minggu, 8 Mei 2022.
 
Selengkapnya, di sini
 
4. Puncak Arus Balik Bandara Soetta Diprediksi Hari Ini
 
Senior Manager Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta M Holik Muardi mengatakan, puncak arus balik tertinggi terjadi pada Minggu, 8 Mei 2022. Dia memprediksi terdapat 150 ribu lebih penumpang yang tiba dan berangkat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.
 
"Untuk hari ini pergerakan penumpang memang mengalami peningkatan yang tertinggi di masa angkutan lebaran. Tercatat rencana penerbangan hari ini 150 ribu penumpang, jika dibanding kemarin hanya 140 ribu lebih. Artinya ada tren kenaikan," ujarnya, Minggu, 8 Mei 2022.
 
Selain peningkatan penumpang, Holik menuturkan, terjadi kenaikan juga untuk pergerakan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta. Tercatat, lanjutnya, terdapat 950 pergerakan pesawat. 
 
Selengkapnya, di sini
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif