Pelantikan ribuan anggota PPS di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Selasa, 24 Januari 2023. Medcom.id/ Ahmad Rofahan
Pelantikan ribuan anggota PPS di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Selasa, 24 Januari 2023. Medcom.id/ Ahmad Rofahan

KPU Cirebon Lantik 1.272 Anggota PPS untuk Hadapi Pemilu

Ahmad Rofahan • 24 Januari 2023 18:15
Cirebon: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, melantik 1.272 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS), yang akan ditugaskan di seluruh desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Cirebon.
 
Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Sopidi, menuturkan pihaknya mencatat sebanyak 5.000 orang yang ikut mendaftarkan diri. Dari jumlah tersebut tersaring menjadi 1.272 anggota PPS yang terpilih.
 
“Setiap desa/kelurahan, masing-masing 3 anggota PPS,” kata Sopidi di Lapangan Ranggajati, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Selasa, 24 Januari 2023.
 
Baca: PPS di Jateng Diminta Ikuti Perkembangan Aturan Pemilu 2024

Sopidi mengatakan saat ini anggota PPS sudah mulai menjalankan tugasnya sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan. Bahkan dalam waktu dekat, PPS akan membentuk petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) sebanyak 7.492 orang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Mereka yang direkrut, nantinya akan membantu PPS sebagai kepanjangan dari KPU,” jelas Sopidi.
 
Dia berharap semua anggota PPS bisa mengedepankan koordinasi dengan berbagai pihak dan mulai bekerja di desa dan kelurahan masing-masing dalam kesiapan sebagai pelaksana pemilu di 14 Februari 2024 mendatang.
 
Sementara Bupati Cirebon, Imron, menuturkan salah satu kerja yang dilakukan oleh PPS di seluruh Kabupaten Cirebon, yaitu bisa memberikan edukasi kepada masyarakat, untuk terlibat dalam pemilihan umum.
 
Imron berharap, PPS bisa benar-benar terjun ke masyarakat dan bisa mendorong masyarakat untuk bisa hadir dan memberikan hak pilihnya, saat pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) berlangsung nanti.
 
“PPS harus memberikan arahan dan penyuluhan, agar masyarakat kita mengikuti hajat pemilu,” ungkap Imron.
 
Kapolresta Cirebon, Kombes Arif Budiman, mewanti-wanti agar PPS bisa independen dan menjalankan tugasnya sesuai aturan. Ia berpesan agar selalu koordinasi dengan berbagai lini terutama petugas kepolisian di tingkat desa dan kelurahan mulai dari Polisi, TNI dan elemen lainnya jika ada gejolak di lapangan.
 
"Semua akan beres kalau koordinasi dan komunikasi dilakukan dengan baik. Semoga Pemilu 2024 nanti sesuai dengan harapan demi capaian keberhasilan bersama," ttegas Arif.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 

 
 
(DEN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif