Ilustrasi
Ilustrasi

Tilap Dana BOS dan PIP, Kepsek di Manggarai Barat NTT Masuk Bui

Media Indonesia.com • 14 September 2022 23:08
Kupang: Se kepala sekolah (kepsek) Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Manggarai Barat, NTT, harus masuk bui karena diduga menyelewengkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Program Indonesia Pintar (PIP) sebesar Rp.653.473.536.
 
FCM, Kepsek SMPN 2 Pacar, Manggarai Barat, telah ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Kejaksaan Negeri Manggarai Barat dan kini menjalani penahanan.
 
Selama menjabat sebagai kepala sekolah sejak 2018 hingga 2020, yang bersangkutan (FCM) diduga telah melakukan penyalahgunaan kewenangan dalam jabatan sehingga seluruh laporan keuangan ditemukan terjadi tumpang tindih dari hasil pelaporannya.
 
Baca juga: Berkas Perkara Korupsi Dana PIP SMPN 17 Tangsel P21
 
Kepala Kejaksaan Negeri Manggarai Barat, Bambang Dwi Mucolono, mengatakan FCM ditetapkan sebagai tersangka karena diduga melakukan tindak pidana korupsi dana BOS dan dana PIP SMPN 2 Pacar tahun anggaran 2018 hingga 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bambang mengatakan modus yang dilakukan FCM yaitu pengadaan barang fiktif.
 
"Kami telah melakukan penahanan terhadap tersangka FCM dengan jenis selama 20 hari atau sampai batas waktu yang telah ditentukan sebagaimana dalam ketentuan KUHAP," jelasnya, seraya mengatakan FCM terancam ancaman pidana penjara minimal 4 tahun dan maksimal 20 tahun.
 
(MEL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif