Aksi demo tolak kenaikan BBM di sekitaran kantor DPRD Sumsel, Kamis, 8 September 2022. Foto: Medcom.id/Gonti Hadi Wibowo
Aksi demo tolak kenaikan BBM di sekitaran kantor DPRD Sumsel, Kamis, 8 September 2022. Foto: Medcom.id/Gonti Hadi Wibowo

Demo Mahasiswa Tolak Penaikan Harga BBM di Palembang Ricuh

Gonti Hadi Wibowo • 08 September 2022 18:28
Palembang: Ribuan massa yang terdiri dari mahasiswa dan buruh melakukan aksi demonstrasi menolak penaikan harga bahan bakar minyak (BBM) di sekitaran kantor DPRD Sumsel, Kamis, 8 September 2022. Aksi demo ini berakhir ricuh. 
 
Dalam pantauan, ribuan demonstran mulai tiba di sekitaran DPRD Sumsel pukul 13.30 WIB. Kawat berduri pun di pasang pihak kepolisian di Jalan Pom IX tepatnya mengelilingi pagar kantor DPRD Sumsel.
 
Saat massa menyampaikan orasi tidak lama berselang kondisi mulai memanas karena massa memaksa ingin masuk ke halaman DPRD Sumsel. Massa dan aparat pun terlibat aksi saling dorong. Aparat pun terpaksa melakukan tembakan gas air mata untuk membubarkan massa yang berusaha menerobos.
 
Baca: Kapolda NTT Persilakan Warga Demo Kenaikan BBM, Asal Tak Anarkis

Ketua DPRD Sumsel, RA Anita Noeringhati yang sempat menemui para mahasiswa berjanji akan menyampaikan pesan massa ke DPR RI. Namun dirinya menyebut melepaskan pagar kawat berduri yang ada di sekitar DPRD Sumsel merupakan kewenangan polisi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Silahkan sampaikan aspirasi dan pesan kalian nanti akan kami teruskan ke pusat," kata Anita.
 
Sementara itu, Wakapolrestabes Palembang, AKBP Andes Purwanti, mengatakan aksi unjuk rasa ini dilakukan oleh gabungan aliansi mahaswa dan buruh di Palembang. Pihaknya pun menerjunkan ribuan personel untuk mengamankan demo. 
 
"Ada ribuan personel yang diterjunkan mengamankan aksi demo kali ini dibantu juga oleh Polres Ogan Ilir Prabumulih, Banyuasin, dan Ogan Komering Ilir," katanya.
 
Hingga pukul 17.30 WIB, massa pun mulai meninggalkan lokasi demo.
 
(WHS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif