Sejumlah warga melihat pertokoan Jompo yang ambruk di Jalan Sultan Agung Jember, Jawa Timur. (Foto: ANTARA/Seno)
Sejumlah warga melihat pertokoan Jompo yang ambruk di Jalan Sultan Agung Jember, Jawa Timur. (Foto: ANTARA/Seno)

Bangunan di Bantaran Sungai Jompo Diminta Dibongkar

Nasional tanah ambles bangunan ambruk
Amaluddin • 02 Maret 2020 15:26
Surabaya: Ketua Komisi D DPRD Jawa Timur, Kuswanto, meminta Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (SDA) dan Pemerintah Kabupaten Jember, membongkar semua bangunan di bantaran Sungai Jompo. Hal ini agar peristiwa tanah ambles yang merobohkan 10 rumah toko di Jalan Sultan Agung Jember, tak terulang.
 
"Apa pun alasannya, membangun bangunan di atas aliran sungai tidak diperbolehkan. Pemerintah harus segera menertibkan," ujar Kuswanto, di Surabaya, Senin, 2 Maret 2020.
 
Menurut Kuswanto, ambruknya 10 ruko di Jalan Raya Sultan Agung, Kelurahan Kepatihan, Kecamatan Kaliwates, akibat fondasi bangunan yang terkikis air sungai dalam jangka waktu yang lama. Bangunan ruko sudah tidak stabil namun tak kunjung ditertibkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sebelum ambruk, bangunan itu mengalami keretakan serius. Pukul 04.00 WIB pagi tadi, keretakan itu ternyata longsor berakibat pada bangunan pertokoan," kata dia.
 
Baca juga:Pemkab Jember Tetapkan Status Tanggap Darurat Tanah Ambles
 
Kuswanto menuturkan bangunan ambrol di tepi Sungai Jompo merambah jalan nasional dan berdiri sejak 1970. Dinas PU dan SDA telah merencanakan revitalisasi, namun terkendala bangunan ruko yang tak kunjung ditertibkan.
 
Menariknya, kata dia, ruko didirikan tanpa rekomendasi Dinas PU dan SDA Pemprov Jatim. Pemkab Jember justru mengizinkan bangunan berdiri di bantaran Sungai Jompo.
 
"Anehnya lagi, sewa lahan ruko dibayar ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disprindag) Jember. Ini kan enggak sejalur, enggak nyambung," jelasnya.
 
Kuswanto pun meminta dinas terkait serta Pemkab Jember mengambil tindakan. "Ambruknya bangunan ini harus segera diselesaikan. Karena dampaknya ke jalan nasional di kawasan Sungai Jompo itu," pungkasnya.
 
Baca juga: Wali Kota Jaktim Lepas Tangan Soal Bangunan Roboh
 

(MEL)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif