Rumah toko di Jalan Sultan Agung, Kabupaten Jember, Jawa Timur, ambles ke sungai. (Foto: ANTARA/Seno)
Rumah toko di Jalan Sultan Agung, Kabupaten Jember, Jawa Timur, ambles ke sungai. (Foto: ANTARA/Seno)

Pemkab Jember Tetapkan Status Tanggap Darurat Tanah Ambles

Nasional tanah ambles bangunan ambruk
Antara • 02 Maret 2020 14:28
Jember: Bupati Jember Faida menetapkan status tanggap darurat bencana terkait amblesnya bagian Jalan Raya Sultan Agung, Kecamatan Kaliwates, Jember, Jawa Timur. Pada peristiwa itu, sebanyak 10 rumah toko (ruko) ambruk.
 
"Penetapan status siaga darurat bencana untuk memperpendek jalur koordinasi penanganan dan mempercepat langkah-langkah kebencanaannya," kata Faida, melansir Antara, Senin, 2 Maret 2020.
 
Faida mengaku khawatir sisa material 10ruko yang ambruk ke sungai membuat aliran Kali Jompo terhambat dan bisa meluap sewaktu-waktu. Terlebih curah hujan masih tinggi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengatakan reruntuhan ruko harus segera diangkat dari sungai, sedangkan 21 ruko lain yang berada di kawasan Jalan Sultan Agung segera dikosongkan karena bangunannya sudah tidak stabil.
 
Baca juga:Sembilan Ruko Ambles di Jember
 
"Ada 31 bangunan rumah toko di Jalan Sultan Agung yang ambles dan berpotensi ambruk. 10 ruko sudah ambruk ke sungai, sisanya akan dirobohkan ke arah jalan untuk meminimalisasi korban jiwa," lanjut dia.
 
Faida memastikan pihaknya akan membantu penyewa ruko mengevakuasi barang-barang milik mereka ke tempat yang lebih aman. Termasuk rumah warga yang jaraknya berdekatan dengan ruko-ruko tersebut.
 
Selain itu dia juga meminta PDAM untuk segera memindahkan pipa saluran air utama yang berada di sekitar bagian jalan yang ambles. Bagian pipa yang digunakan untuk menyalurkan air ke 3.000 pelanggan itu diduga ada yang bocor.
 
Bagian Jalan Sultan Agung ambles sepanjang sekitar 94 meter dan lebar 10 meter, menyebabkan 10 unit ruko ambruk ke sungai. Kejadian itu tidak sampai menimbulkan korban karena saat jalan ambles sebagian besar ruko sudah dikosongkan.
 

(MEL)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif