MIN 1 Malang, Jawa Timur. Foto: Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq
MIN 1 Malang, Jawa Timur. Foto: Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq

Temuan Carrier Difteri di Malang dari Anggota Polisi Kecil

Nasional klb difteri
Daviq Umar Al Faruq • 25 Oktober 2019 16:39
Malang: Wali Kota Malang, Sutiaji, melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Malang, Jumat, 25 Oktober 2019. Sutiaji menjelaskan kasus carrier difteri di MIN 1 Malang berawal dari salah seorang siswa yang juga anggota polisi kecil sakit.
 
"Terus dia dirawat di rumah sakit. Hasil laboraturium, dia punya carrier. Karena nanti khawatir berkembang menular, satu timnya diperiksa," kata Sutiaji.
 
Sutiaji menambahkan kasus temuan carrier difteri berkembang di kalangan orang tua siswa MIN 1 Malang. Sehingga sejumlah orang tua meminta seluruh siswa diperiksa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kemarin ada 200 sampling itu carrier, dan itu juga belum pasti menjadi penderita difteri. Bisa jadi dia juga negatif, tes awalnya begitu. Sehingga di sini tidak ada yang menderita difteri," ungkapnya.
 
Sutiaji meminta agar para pegawai di MIN 1 Malang tidak menggunakan masker untuk menghindari difteri. Tapi Sutiaji menyarnakan tetap waspada.
 
"Masyarakat harus sama-sama, bahwa tubuh manusia minimal harus mengikuti imunisasi minimal tujuh kali. Imunisasi difteri ini yang mestinya kita sampaikan bersama-sama," pungkasnya.

 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif