Kepala Bidang Pengendalian Dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Malang, Husnul Muarif. Foto: Medcom.id/Syaikhul Hadi
Kepala Bidang Pengendalian Dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Malang, Husnul Muarif. Foto: Medcom.id/Syaikhul Hadi

Siswa di 2 Sekolah di Malang Carrier Difteri

Nasional klb difteri
Daviq Umar Al Faruq • 25 Oktober 2019 14:46
Malang: Siswa di dua sekolah di Kota Malang terjangkit carrier difteri atau pembawa kuman difteri. Yakni Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Malang dan SMAN 7 Kota Malang.
 
"Sebanyak 20 siswa di SMAN 7 dan 228 siswa di MIN 1 itu carrier. Kalau yang terjangkit difteri itu enggak ada," kata Kepala Bidang Pengendalian Dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Malang, Husnul Muarif, ditemui Medcom.id, Jumat, 25 Oktober 2019.
 
Pihaknya telah melakukan sejumlah langkah sejak diketahuinya siswa terjangkit carrier difteri. Mulai dari pendeteksian hingga pemeriksaan SWAB (pemeriksaan usap tenggorokan).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Itu kami lakukan baik di MIN 1 maupun di SMAN 7. Siswa yang positif carrier itu kita berikan pengobatan selama tujuh hari. Setelah itu diperiksa ulang. Yang di SMAN 7 sudah selesai, mungkin Senin besok pemeriksaan ulangnya," jelasnya.
 
Husnus mengungkap siswa yang terjangkit carrier difteri dari dua sekolah dalam keadaan sehat. Mereka tidak mengalami gejala-gejala sakit.
 
"Karena bukan sakit, dia cuma kedapatan (kuman) difteri di dalam tubuhnya," ungkapnya.
 
Dinas Kesehatan Kota Malang mengimbau para orang tua murid melakukan pengecekan kembali imunisasi anak masing-masing. Diharapkan status imunisasi sudah lengkap.
 
"Kedua, ada kekebalan tubuh dengan asupan yang cukup. Ketiga, keluarga atau lingkungan kita juga harus diperbaiki," jelasnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif