Seorang pasien gagal ginjal menerima suntikan vaksin Covid-19 di kota Hebron, Tepi Barat pada 21 Maret 2021. (HAZEM BADER / AFP)
Seorang pasien gagal ginjal menerima suntikan vaksin Covid-19 di kota Hebron, Tepi Barat pada 21 Maret 2021. (HAZEM BADER / AFP)

Palestina Mulai Gunakan Vaksin Covid-19 dari COVAX

Willy Haryono • 22 Maret 2021 07:31
Ramallah: Kementerian Kesehatan Palestina mulai menggunakan vaksin Covid-19 yang didapat dari skema berbagi COVAX pada Minggu, 21 Maret 2021. Vaksin Covax tersebut diberikan kepada tenaga kesehatan dan orang lanjut usia di wilayah Tepi Barat serta Jalur Gaza.
 
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan beberapa mitranya menginisiasi skema COVAX untuk memastikan semua orang di dunia mendapat vaksin Covid-19.
 
Otoritas Palestina (PA) di bawah pimpinan Presiden Mahmoud Abbas telah menerima 61.400 vaksin Covid-19 dari COVAX pada Rabu kemarin. Dari total tersebut, 21.300 di antaranya dikirim ke Jalur Gaza.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikutip dari laman Asharq al-Awsat, bantuan COVAX merupakan angin segar bagi Tepi Barat, di saat PA kesulitan mendapatkan vaksin di tengah melonjaknya kasus Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir.
 
Sebelum mendapat pasokan dari COVAX, Tepi Barat baru mengamankan 10 ribu dosis Sputnik V dari Rusia dan 2.000 vaksin dari Israel.
 
Baca:  PM Palestina Disuntik Dosis Pertama Vaksin Covid-19
 
Secara kontras, Gaza yang dikuasai kelompok Hamas sejak 2007, telah menerima lebih dari 80 ribu vaksin Covid-19.
 
Di Tepi Barat, Perdana Menteri Mohammad Shtayyeh menegaskan bahwa vaksin Covid-19 akan diberikan kepada tenaga medis serta lansia.
 
"Kami ada di sini untuk memulai program vaksinasi demi melindungi masyarakat dari virus korona," tutur PM Shtayyeh.
 
Meski Palestina sudah mendapat vaksin Covid-19 dari berbagai sumber, jumlahnya kalah jauh dari Israel, yang saat ini sudah memvaksinasi sekitar 80 persen dari total populasi dewasa.
 
Vaksin Pfizer-BioNTech dan AstraZeneca merupakan dua jenis vaksin pertama yang didistribusikan COVAX ke wilayah Palestina.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif