Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin Ebola kepada seorang warga di Goma, RD Kongo, 22 November 2019. (PAMELA TULIZO / AFP)
Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin Ebola kepada seorang warga di Goma, RD Kongo, 22 November 2019. (PAMELA TULIZO / AFP)

Kasus Baru Ebola Terkonfirmasi di RD Kongo

Internasional virus ebola rd kongo WHO
Willy Haryono • 24 April 2022 15:07
Mbandaka: Sebuah kasus baru virus Ebola telah terkonfirmasi di barat laut Republik Demokratik Kongo (RD Kongo), menurut laporan Institut Nasional Riset Biomedis pada Sabtu, 23 April 2022. Pihak institut melaporkan bahwa seorang pria berusia 31 tahun meninggal dunia usai terinfeksi Ebola di Mbandaka, ibu kota provinsi Equateur.
 
Dikutip dari DW, pasien mulai memperlihatkan gejala-gejala Ebola pada 5 April, namun tidak berusaha mencari pengobatan selama sepekan.
 
"Pasien baru ditangani di sebuah pusat perawatan Ebola pada 21 April, dan meninggal dunia di hari yang sama," ujar keterangan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wabah Ebola sebelumnya di RD Kongo telah dinyatakan berakhir sekitar empat bulan lalu, tepatnya pada Desember 2021.
 
Saat ini otoritas lokal RD Kongo dan perwakilan WHO sedang berusaha mencari kontak dekat pasien tersebut. "Waktu tidak memihak kepada kami," kata Matshidiso Moeti, Kepala WHO Cabang Afrika.
 
"Penyakit ini sudah dua pekan mendahului kami, dan sekarang kami sedang berusaha mengejarnya," lanjut dia.
 
WHO mengatakan upaya membendung penyebaran kasus Ebola terbaru sudah berjalan di Mbandaka, dan kampanye vaksinasi akan digelar dalam beberapa hari ke depan. Tujuan vaksinasi adalah memberikan imunitas kepada siapa pun yang pernah melakukan kontak dekat dengan pasien tersebut.
 
Moeti mengekspresikan optimisme dalam membendung kasus Ebola kali ini. "Banyak warga (desa) Mbandaka sudah divaksinasi Ebola, yang seharusnya dapat mengurangi risiko (terjadinya wabah)," ungkap dia.
 
Baca:  Mirip Ebola, Inilah Fakta-fakta Mengenai Virus Marburg
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif