Kotak besar berisi vaksin Sputnik V yang dikirim dari Uni Emirat Arab tiba di Jalur Gaza via perlintasan Rafah pada Minggu, 21 Februari 2021. (SAID KHATIB/AFP)
Kotak besar berisi vaksin Sputnik V yang dikirim dari Uni Emirat Arab tiba di Jalur Gaza via perlintasan Rafah pada Minggu, 21 Februari 2021. (SAID KHATIB/AFP)

Gaza Terima 20 Ribu Vaksin Sputnik V dari Uni Emirat Arab

Internasional palestina jalur gaza hamas Vaksin Sputnik V Mahmoud Abbas
Willy Haryono • 22 Februari 2021 06:04
Gaza: Sekitar 20 ribu dosis vaksin Covid-19 tiba di Jalur Gaza pada Minggu, 21 Februari 2021. Vaksin yang dikirim dari Uni Emirat Arab itu adalah Sputnik V buatan perusahaan Rusia.
 
Menurut laporan jurnalis kantor berita AFP, puluhan ribu dosis Sputnik V memasuki Gaza melalui perlintasan Rafah yang berbatasan dengan Mesir. Ini artinya, vaksin tersebut telah melalui Israel yang mengepung area sekitar Gaza sejak 2007.
 
Pekan kemarin, Mohammed Dahlan, mantan anggota senior faksi Fatah yang kini terasing di UEA mengumumkan rencana pengiriman Sputnik V. Ia mengatakan bahwa pengiriman vaksin tersebut merupakan "hadiah" dari Abu Dhabi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fatah adalah salah satu faksi Palestina yang dipimpin oleh presiden Otoritas Palestina (PA) Mahmoud Abbas.
 
Dahlan, yang saat ini adalah penasihat keamanan Sheikh Mohamed bin Zayed Al-Nahyan, mengklaim sebagai otak di balik pengiriman Sputnik V ke Gaza.
 
Sejumlah warga Palestina memandangnya sebagai sebuah langkah politik menjelang pemilihan umum legislatif dan presiden pada Mei dan Juli mendatang.
 
"Vaksin Sputnik V ini diperuntukkan bagi tim medis di Gaza," ujar Dahlan. Saat ini Gaza belum memulai program vaksinasi Covid-19.
 
Sejumlah analis menduga Dahlan mengupayakan pengiriman vaksin ke Gaza untuk mencoba merebut kekuasaan Abbas. Pemilu pada Mei dan Juli mendatang akan menjadi yang pertama digelar di tanah Palestina sejak 2006.
 
Gelombang pertama vaksin Covid-19 telah tiba di Gaza pekan ini. Sputnik V termasuk dalam gelombang pengiriman tersebut, yang merupakan hasil kesepakatan antara PA dan Rusia.
 
PA mengatakan vaksin yang telah diamankannya akan dibagi dengan kelompok Hamas di Gaza.
 
Baca:  Akhirnya Vaksin Covid-19 Tiba di Gaza
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif