Paus Fransiskus saat berada di dalam sebuah gereja katedral di Baghdad, Irak pada Jumat, 5 Maret 2021. (AHMAD AL-RUBAYE/AFP)
Paus Fransiskus saat berada di dalam sebuah gereja katedral di Baghdad, Irak pada Jumat, 5 Maret 2021. (AHMAD AL-RUBAYE/AFP)

Paus Fransiskus Temui Ulama Syiah Ternama di Irak

Internasional konflik irak paus fransiskus irak isis
Willy Haryono • 06 Maret 2021 12:24
Najaf: Paus Fransiskus menggelar pertemuan simbolis dengan salah satu tokoh Syiah ternama Irak di hari kedua kunjungannya di negara tersebut pada Sabtu, 6 Maret 2021. Pertemuan Fransiskus dengan Ayatollah Agung Ali al-Sistani, tokoh agama jutaan Muslim Syiah, berlangsung di kota suci Najaf.
 
Ini merupakan lawatan internasional pertama Paus Fransiskus sejak dimulainya pandemi Covid-19 -- dan kunjungan perdana kepausan ke Irak.
 
Fransiskus tetap berangkat ke Irak di tengah kekhawatiran akan adanya aksi kekerasan dari kelompok militan dan juga risiko terpapar Covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fransiskus sebelumnya mengatakan kepada awak media bahwa dirinya merasa mengemban tanggung jawab sebagai paus untuk melakukan perjalanan simbolis ke Irak. Ia dijadwalkan berada di Irak selama empat hari.
 
Sabtu ini, dilansir dari laman BBC, Fransiskus dan Ali akan mendiskusikan beragam hal dengan fokus pada isu lintas agama. Nasib minoritas Kristen di Irak juga kemungkinan akan dibahas kedua tokoh.
 
Dari Najaf, Fransiskus akan bertolak menuju kota kuno Ur, tempat yang diyakini sebagai lahirnya Nabi Ibrahim.
 
Sekitar 10 ribu personel keamanan Irak dikerahkan untuk melindungi Fransiskus. Kunjungan dilakukan di tengah pemberlakuan berbagai pembatasan Covid-19, termasuk aturan jam malam.
 
Sejumlah militan Syiah dikabarkan menentang kunjungan Fransiskus, karena menganggap lawatan tersebut merupakan bagian dari pengaruh Barat terhadap urusan dalam negeri Irak.
 
Jumat kemarin, Fransiskus disambut Perdana Menteri Irak Mustafa al-Kadhimi begitu tiba di bandara Baghdad. Dari sana ia bertolak menuju sebuah gereja katedral di wilayah ibu kota Irak, dan menyerukan diakhirinya aksi kekerasan di seantero negeri.
 
Baca:  Tiba di Irak, Paus Fransiskus Serukan Diakhirinya Aksi Kekerasan
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif