Ilustrasi pelayaran kapal. (Medcom.id)
Ilustrasi pelayaran kapal. (Medcom.id)

Sempat Terjun ke Laut, 3 ABK WNI di Oman Pulang Hari Ini

Internasional wni perlindungan wni indonesia-oman Oman ABK WNI
Willy Haryono • 25 September 2021 12:21
Muscat: Tiga anak buah kapal warga negara Indonesia (ABK WNI) di kapal PSQV 638 milik Tiongkok yang beroperasi di Oman, dipulangkan ke Tanah Air pada Sabtu ini, 25 September 2021. Mereka dijadwalkan tiba di Jakarta sekitar pukul 22.10 WIB.
 
Ketiga ABK WNI tersebut masing-masing berasal dari Jakarta, Pekalongan dan Tegal.
 
Sebelumnya diinformasikan bahwa ABK bernama Santo dan Kurniadi sempat terjun ke laut lepas karena menghadapi permasalahan dengan operator kapal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:  Selamatkan Diri, 2 ABK WNI di Oman Nekat Terjun ke Laut
 
Berdasarkan keterangan tertulis KBRI Muscat yang diterima Medcom.id, ketiga ABK WNI mengaku menerima perlakuan buruk perihal makanan, gaji yang rendah, penggunaan air bersih, serta tidak adanya asuransi.
 
Kurniadi dan rekannya  bernama Nawawi juga menderita sakit dan belum mendapat perawatan maksimal dari pihak kapal. Beberapa ABK WNI menderita sakit kulit di bagian kaki, lengan dan kepala akibat harus mandi menggunakan air dari pendingin ruangan (AC).
 
ABK Nawawi menceritakan dirinya pernah diperintahkan bekerja di Kapal RRT lain (PSQV 607). Saat ada pemeriksaan otoritas pelabuhan, pihak kapal menyuruhnya agar bersembunyi supaya tidak diketahui pihak berwajib di Oman.
 
KBRI Muscat telah memanggil agensi kapal di Oman dan meminta klarifikasi serta pertanggungjawaban atas masalah ini.
 
Saat ini diketahui ada 3 kapal Tiongkok di Pelabuhan Seeb Oman dengan ABK asal Indonesia, yaitu PSQV 638, 607, dan 608. Ketiga kapal tersebut dimiliki perusahan Tiongkok yang agensinya ada di Singapura, Taiwan dan Indonesia.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif