PM Palestina Mohammad Shtayyeh. (Foto: AFP)
PM Palestina Mohammad Shtayyeh. (Foto: AFP)

Uni Eropa Didorong Berperan Aktif dalam Isu Politik Palestina

Internasional amerika serikat israel palestina palestina israel
Willy Haryono • 13 Oktober 2020 09:44
Ramallah: Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh mendorong Uni Eropa untuk memainkan peran aktif dalam proses politik terkait isu perjuangan bangsa Palestina. Pernyataan disampaikan Shtayyeh dalam pertemuan daring bersama Komite Parlemen Eropa untuk Urusan Luar Negeri, yang dihadiri 80 orang dari beragam negara dan partai di Eropa.
 
"Merupakan hal penting untuk memecah status quo yang menyatakan bahwa isu Palestina dibiarkan begitu saja karena adanya langkah pendudukan oleh Israel," kata Shtayyeh, dikutip dari laman Xinhua pada Selasa, 13 Oktober 2020. Ia juga meminta UE untuk mengakui negara independen Palestina.
 
Selama pertemuan, Shtayyah menyerukan Eropa untuk "mengakhiri monopoli Amerika (Serikat) dalam mensponsori proses perdamaian Timur Tengah melalui konferensi internasional."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Segala bentuk proses politik harus tergantung pada diakhirinya pendudukan Israel terhadap wilayah Palestina, dalam visi Solusi Dua Negara (Two-State Solution) di bawah hukum internasional dan resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)," ungkap Shtayyeh.
 
Ia menyerukan UE untuk meningkatkan tekanan terhadap Israel untuk mengizinkan warga Palestina menggelar pemilihan umum di Yerusalem Timur.
 
Otoritas Palestina bertekad untuk menggelar pemilu di wilayah Palestina dalam waktu dekat.
 
Selama ini, Yerusalem Timur dipandang Palestina sebagai ibu kota mereka di masa mendatang.
 
Baca:Kejadian Penting yang Mengukuhkan Penjajahan Israel Atas Palestina
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif