Sebuah pesawat jet tempur F-16 berada di pangkalan udara Balad di Irak pada 20 Juli 2015. (SABAH ARAR / AFP)
Sebuah pesawat jet tempur F-16 berada di pangkalan udara Balad di Irak pada 20 Juli 2015. (SABAH ARAR / AFP)

5 Orang Terluka dalam Serangan Roket di Pangkalan Udara Irak

Internasional Amerika Serikat konflik irak
Willy Haryono • 19 April 2021 09:07
Samarra: Lima roket menghantam sebuah pangkalan udara militer Irak yang menampung pasukan Amerika Serikat pada Minggu, 18 April 2021. Serangan roket ini melukai lima orang, yakni dua kontraktor asing dan tiga prajurit Irak.
 
Menurut keterangan seorang sumber keamanan kepada kantor berita AFP, dua dari lima roket mendarat di pangkalan udara Balad yang berada di utara Baghdad. Kedua roket mengenai sebuah asrama dan kantin milik perusahaan kontraktor Sallyport asal AS.
 
Sejauh ini belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan di pangkalan udara Irak. Namun selama ini AS terus menuduh grup bersenjata Irak terkait Iran atas serangan semacam itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pangkalan Udara Balad menampung sejumlah pesawat jet tempur F-16 dan beberapa perusahaan keamanan yang diisi jajaran staf lokal dan asing.
 
Sejak Joe Biden menjadi Presiden AS pada Januari lalu, terjadi sekitar 20 serangan bom atau roket terhadap berbagai kepentingan Amerika di Irak, termasuk di sejumlah pangkalan udara.
 
Puluhan serangan lainnya juga menghantam kepentingan AS di Irak sepanjang musim gugur 2019, saat Washington masih berada di bawah kepemimpinan Donald Trump.
 
Sepanjang 2019, serangan semacam itu telah menewaskan dua warga AS dan satu warga lokal.
 
Awal Maret lalu, 10 roket menghantam sebuah pangkalan militer di Irak utara yang menampung pasukan AS. Serangan tersebut terjadi dua hari menjelang jadwal kunjungan Paus Fransiskus ke Irak.
 
Baca:  10 Roket Hantam Pangkalan Irak yang Tampung Pasukan AS
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif