Pendiri WikiLeaks, Julian Assange, terancam akan diekstradisi ke AS. (Foto: AFP).
Pendiri WikiLeaks, Julian Assange, terancam akan diekstradisi ke AS. (Foto: AFP).

Julian Assange Terancam Diekstradisi ke AS

Internasional wikileaks
Marcheilla Ariesta • 12 April 2019 16:14
London: Pendiri WikiLeaks, Julian Assange, terancam akan diekstradisi ke Amerika Serikat (AS). Dia juga terancam akan mendapat hukuman penjara hingga lima tahun.
 
Assange baru saja ditangkap kepolisian London usai bersembunyi selama tujuh tahun di Kedutaan Besar Ekuador. Perdana Menteri Australia, Scott Morrison mengatakan Assange adalah warga negaranya.
 
Karena hal itu, dia akan memberikan pendampingan konsulat. Namun, dia tidak akan diberikan perlakukan khusus.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne mengatakan Inggris tidak setuju dengan ekstradisi jika seseorang menghadapi hukuman mati.
 
Baca juga:Pendiri WikiLeaks Ditangkap di Kedutaan Ekuador di Inggris
 
"Australia benar-benar menentang hukuman mati. Itu merupakan posisi seluruh pihak. Dan permasalah ekstradisi hanya menjadi masalah Amerika Serikat dan Inggris," tutur Payne, dilansir dari laman TheStraits Times, Jumat 12 April 2019.
 
Assange ditangkap kepolisian London usai Pemerintah Ekuador mencabut suaka dan kewarganegaraannya. Dia diperbolehkan untuk bertahan di kedutaan sejak 2012.
 
Penarikan suaka Assange dilakukan Ekuador karena mereka menganggap pendiri WikiLeaks itu banyak melakukan pelanggaran aturan perlindungan.
 
Kementerian Kehakiman AS mengatakan Assange didakwa dengan konspirasi peretasan komputer, sehubungan dengan pekerjaannya bersama mantan analis intelijen AS Chelsea Manning pada Maret 2010.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif