Asap hitam dari erupsi Gunung Etna di dekat kota Catania, Italia, 24 Desember 2018. (Foto: AFP/GIOVANNI ISOLINO)
Asap hitam dari erupsi Gunung Etna di dekat kota Catania, Italia, 24 Desember 2018. (Foto: AFP/GIOVANNI ISOLINO)

Gempa Terbaru Guncang Gunung Teraktif di Eropa

Internasional gunung berapi italia
Willy Haryono • 26 Desember 2018 13:52
Palermo: Gempa terbaru berkekuatan 4,8 Skala Richter (SR) mengguncang Sisilia di sekitar gunung teraktif di benua Eropa, Gunung Etna. Gempa ini melukai sedikitnya dua orang.
 
Senin 24 Desember lalu, Gunung Etna meletus dan memicu sekitar 130 gempa. Seperti dikutip dari media BBC, Rabu 26 Desember 2018, beberapa bangunan di Sisilia dilaporkan rusak karena guncangan terus terjadi sejak Senin hingga saat ini.
 
Institut Vulkanologi Italia (INVG) melaporkan gempa terbaru mengguncang pada Rabu dini hari pukul 03.19 waktu setempat. Episenter gempa terletak dekat wilayah Viagrande.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beberapa desa di sekitar Etna masih dilanda debu vulkanik. Penerbangan dari dan menuju bandara Catania juga terpaksa dihentikan demi alasan keamanan.
 
Badan pemantau aktivitas vulkanik di dekat Etna menyebut gunung tersebut memuntahkan lava pijar dari kawah di bagian tenggara. "Ini merupakan erupsi pertama dari bagian pinggir Etna dalam lebih dari satu dekade lalu," ucap seorang pakar vulkanologi.
 
Dalam gempa terbaru, otoritas Catania menerima sejumlah laporan mengenai adanya beberapa bangunan yang tergoyang di tengah gempa. Serangkaian foto di media sosial memperlihatkan sejumlah bangunan rusak di Catania, kota dengan populasi lebih dari 300 ribu jiwa.
 
Meski Etna sering mengalami erupsi, INGV mengatakan pada Agustus lalu bahwa gunung berapi itu berkembang lebih cepat dari biasanya dalam beberapa tahun terakhir.
 
Maret lalu, sebuah tim vulkanologi asal Inggris mengatakan keseluruhan struktur Etna berkembang meluas ke arah laut, dengan rata-rata 14 milimeter per tahun.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif