Gunung Etna di Sisilia, Italia, meletus pada Senin 24 Desember 2018. (Foto: GIovanni Isolino/AFP/Getty Images)
Gunung Etna di Sisilia, Italia, meletus pada Senin 24 Desember 2018. (Foto: GIovanni Isolino/AFP/Getty Images)

Gunung Teraktif di Eropa Meletus, Picu 130 Gempa

Internasional gunung berapi italia
Willy Haryono • 25 Desember 2018 07:18
Palermo: Gunung berapi paling aktif di Eropa, Gunung Etna di Sisilia, meletus pada Senin 24 Desember 2018. Otoritas setempat melaporkan terjadinya lebih dari 130 gempa bumi berkekuatan hingga 4,3 Skala Richter (SR) akibat erupsi vulkanik Etna.

Badan pemantau aktivitas vulkanik di dekat Etna menyebut gunung tersebut memuntahkan lava pijar dari kawah di bagian tenggara. "Ini merupakan erupsi pertama dari bagian pinggir Etna dalam lebih dari satu dekade lalu," ucap seorang pakar vulkanologi, dikutip oleh kantor berita BBC.

Debu vulkanik menghujani beberapa desa dekat Etna, sementara sejumlah penerbangan di bandara Catania ditunda atas alasan keamanan. Masyarakat di kaki gunung dan bukit sekitar Etna telah diminta untuk mengungsi ke tempat aman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Sebuah video di media sosial memperlihatkan erupsi Etna. Suara letusan kencang dilaporkan terdengar pada pagi hari saat Etna meletus. Bandara Catania melanjutkan operasional setelah jarak pandang sudah tidak lagi terganggu. Namun bandara hanya mengizinkan empat pesawat untuk mendarat dalam setiap jamnya.

Institut Vulkanologi Italia (INVG) melaporkan telah terjadinya lebih dari 130 gempa bumi pada Senin, dalam rentang waktu tiga jam mulai pukul 08.50 waktu setempat. Guncangan terkuat dirasakan warga dekat wilayah Piano Pernicana.

Meski Etna sering mengalami erupsi, INGV mengatakan pada Agustus lalu bahwa gunung berapi itu berkembang lebih cepat dari biasanya dalam beberapa tahun terakhir.

Maret lalu, sebuah tim vulkanologi asal Inggris mengatakan keseluruhan struktur Etna berkembang meluas ke arah laut, dengan rata-rata 14 milimeter per tahun.


(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi