Polisi Kanada bersihkan lokasi demo antivaksin di Ottawa./AFP
Polisi Kanada bersihkan lokasi demo antivaksin di Ottawa./AFP

Demo Antivaksin Bubar, PM Kanada Cabut Status Darurat

Medcom • 25 Februari 2022 05:41
Ottawa: Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau pada Rabu, 23 Februari 2022 mencabut pemberlakuan status darurat. Status tersebut untuk menghentikan unjuk rasa antivaksin yang melibatkan blokade perbatasan negara dengan Amerika Serikat (AS).
 
“Hari ini kami siap untuk mengkonfirmasi bahwa situasi sudah tidak dalam keadaan darurat,” ujar Trudeau, dilansir dari Digital Journal, Kamis, 24 Februari 2022.
 
Dengan pernyataan tersebut, penggunaan undang-undang darurat dicabut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Ancaman masih berlanjut,” lanjut Trudeau, tapi sudah tidak lagi “akut.”
 
Baca: Parlemen Kanada Dukung Trudeau Gunakan Kekuatan Darurat Hadapi Demo Antivaksin
 
UU darurat diberlakukan sembilan hari sebelumnya. Ketika dicabut, persetujuan status darurat tersebut masih diperdebatkan di kalangan Senat.
 
Pada Minggu, 20 Februari 2022, alat-alat besar terakhir diderek dari ibu kota Kanada setelah dua hari penindakan oleh polisi yang berakhir dengan 200 demonstran ditangkap dan puluhan kendaraan disita. 
 
Beberapa perbatasan antar negara juga sudah dapat dilalui setelah blokade yang mengganggu perekonomian itu disingkirkan.
 
Selama berminggu-minggu, Kanada menjadi pusat perhatian internasional lantaran ribuan demonstran, yang dipimpin massa sopir truk, melakukan unjuk rasa di Ottawa menolak aturan wajib vaksin covid-19 untuk mengangkut barang melintasi perbatasan dengan AS.
 
Dalam aksi tersebut, demonstran membuat blokade di lintasan Kanada-AS selama berhari-hari, termasuk jembatan yang menghubungkan Windsor,Kanada dan Detroit, AS. 
 
Penutupan jembatan itu membekukan rute perdagangan utama yang penting bagi berbagai industri, termasuk manufaktur mobil.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif