Suara untuk memberhentikan Donald Trump makin santer terdengar. Foto: AFP
Suara untuk memberhentikan Donald Trump makin santer terdengar. Foto: AFP

Kabinet dan Politikus Republik Buka Peluang Copot Trump

Internasional politik as joe biden donald trump Pendukung Trump Rusuh
Fajar Nugraha • 07 Januari 2021 11:41
Washington: Setelah massa pendukung Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump membobol masuk ke gedung Kongres Capitol Hill, suara untuk mencopotnya dari jabatan merebak. Mereka bermaksud memberlakukan Amandemen ke-25 yang bisa mencabut kekuasaan Trump.
 
Para pejabat Partai Republik dan juga anggota kabinet Trump sendiri merasa yakin bahwa mantan pengusaha properti itu pantas untuk diberhentikan.
 
Semakin banyak petinggi Partai Republik mengatakan kepada CNN bahwa mereka percaya Donald Trump harus dicopot dari jabatannya sebelum 20 Januari. Empat dari mereka menyerukan agar Amandemen ke-25 diberlakukan, dan dua yang lain mengatakan Presiden harus dimakzulkan.
 
"Dia harus diberhentikan dan disingkirkan," kata seorang pejabat terpilih dari Partai Republik saat ini, kepada CNN, Kamis 7 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seorang mantan pejabat senior mengatakan tindakan Presiden cukup mengerikan untuk menyingkirkannya meski dengan waktu yang singkat dalam masa jabatannya.
 
"Saya pikir ini sangat mengejutkan sistem. Bagaimana Anda bisa menahannya selama dua minggu setelah ini?" ujar mantan pejabat yang enggan disebutkan namanya itu.
 
Dengan memakzulkan dan memberhentikan Trump, bahkan pada tahap akhir masa jabatannya, Senat kemudian dapat memberikan suara untuk mendiskualifikasi Trump agar tidak pernah memegang jabatan federal lagi. Di sisi lain, menerapkan Amandemen ke-25 akan mengharuskan Wakil Presiden Mike Pence dan mayoritas anggota Kabinet untuk memilih mencopot Trump dari jabatannya karena ketidakmampuannya untuk "menjalankan kekuasaan dan tugas kantornya”.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif