Presiden Prancis Emmanuel Macron. (AFP)
Presiden Prancis Emmanuel Macron. (AFP)

Macron Minta Penjelasan PM Bennett Soal Spyware Buatan Israel

Internasional prancis Israel politik prancis Emmanuel Macron Naftali Bennett
Willy Haryono • 25 Juli 2021 16:06
Paris: Presiden Prancis Emmanuel Macron meminta penjelasan resmi dari Perdana Menteri Naftali Bennett mengenai spyware Pegasus yang dikembangkan perusahaan teknologi NSO Group asal Israel. Permintaan disampaikan langsung Macron kepada Bennett via sambungan telepon pada Sabtu, 24 Juli.
 
Saluran televisi Channel 12 melaporkan bahwa Macron merasa tidak nyaman usai mendengar laporan bahwa telepon genggamnya, dan juga milik beberapa pejabat tinggi Prancis lainnya, mungkin telah terpapar spyware Pegasus.
 
Dilansir dari laman Yeni Safak, Minggu, 25 Juli 2021, PM Bennett berjanji akan meluncurkan investigasi di level tertinggi atas dugaan penyadapan tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun Bennett menekankan kepada Macron bahwa dugaan penyadapan tersebut terjadi sebelum dirinya menjadi PM Israel.
 
Sebuah konsorsium media global pekan kemarin melaporkan bahwa 50 ribu nomor telepon mungkin telah dimata-matai oleh spyware Pegasus. Dari total tersebut, salah satunya dikabarkan adalah milik Macron dan 15 pejabat tinggi Prancis.
 
Kamis kemarin, Macron menyerukan pertemuan keamanan nasional untuk mendiskusikan spyware Pegasus tersebut.
 
Pemerintah Maroko membantah laporan bahwa pihaknya menggunakan Pegasus untuk menyadap telepon Macron. NSO Groups juga membantah bahwa presiden Prancis menjadi target penyadapan.
 
"Kami dengan yakin dapat mengatakan bahwa Presiden Prancis, Macron, bukan target," tegas Chaim Gelfand, salah satu petinggi NSO Group, kepada saluran televisi i24news.
 
Seorang sumber dekat Macron sempat mengatakan bahwa nomor telepon sang presiden diganti secara berkala untuk menghindari penyadapan.
 
Baca:  Jerman: Tak Ada Bukti AS Sadap Telepon Kanselir Merkel
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif