Vaksin amat dibutuhkan untuk mengatasi virus korona. Foto: AFP
Vaksin amat dibutuhkan untuk mengatasi virus korona. Foto: AFP

Empat Vaksin Covid-19 yang Diklaim Sukses dalam Pengembangan

Internasional Virus Korona covid-19 vaksin covid-19
Marcheilla Ariesta • 16 November 2020 21:23
Jakarta: Vaksin merupakan game changeratau pengubah arah untuk pandemi virus korona (covid-19). Karenanya berbagai perusahaan farmasi di dunia berlomba-lomba mengembangkannya.
 
Dalam sebulan terakhir ini, beberapa vaksin yang tengah dikembangkan menunjukkan kemajuan pesat. Para perusahaan farmasi yang mengembangkannya pun mengatakan vaksin mereka efektif bahkan hingga 95 persen.
 
Perusahaan-perusahaan yang mengumumkan vaksin yang dikembangkan efektif antara lain Pfizer, Gamaleya Institute, Astrazeneca, dan terakhir ada Moderna. Dua diantaranya merupakan perusahaan farmasi raksasa milik Amerika Serikat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Vaksin-vaksin ini diwacanakan akan siap didistribusikan ke publik awal tahun depan.
 
Aman atau tidakkah vaksin-vaksin ini? Seberapa efektifnya mereka? Berikut Medcom.id merangkum vaksin yang diklaim efektif hingga 95 persen dari berbagai sumber:

1. AstraZeneca

Pada akhir Oktober lalu dilaporkan vaksin covid-19 yang sedang dikembangkan oleh Universitas Oxford, menghasilkan kekebalan pada orang tua dan muda. Produsen obat Inggris AstraZeneca mengatakan reaksi buruk dari vaksin mereka sangat rendah terhadap orang tua.
 
Financial Times melaporkan bahwa vaksin yang dikembangkan Oxford dan AstraZeneca memicu antibodi pelindung dan sel-T pada kelompok usia yang lebih tua.
 
Tes darah imunogenisitas yang dilakukan pada subset partisipan yang lebih tua menunjukkan vaksin tersebut menghasilkan respons imun kuat pada sekelompok orang dewasa sehat berusia antara 18 hingga 55 tahun.
 
"Sangat menggembirakan melihat tanggapan imunogenisitas serupa antara orang dewasa yang lebih tua dan lebih muda, dan bahwa reaktogenisitas lebih rendah pada orang dewasa yang berusia di atas 50 tahun, di mana tingkat keparahan penyakit covid-19 lebih tinggi pada orang dengan rentang usia itu," seru juru bicara AstraZeneca.
 
"Hasilnya, semakin membangun bukti untuk keamanan dan imunogenisitas AZD1222," imbuhnya.
 
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif