Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden menjadi yang tertua menjabat sebagai Presiden AS. Foto: AFP
Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden menjadi yang tertua menjabat sebagai Presiden AS. Foto: AFP

Berusia 78 Tahun, Apakah Joe Biden Cukup Berkuasa 1 Periode?

Internasional joe biden Pilpres AS 2020
Fajar Nugraha • 19 November 2020 14:16
Delaware: Joe Biden akan menjadi tokoh tertua yang pernah memenangkan kursi Kepresidenan Amerika Serikat (AS). Pada Jumat 20 November 2020, Biden akan merayakan ulang tahunnya yang ke-78.
 
Jika dia mencalonkan diri dan terpilih kembali pada tahun 2024, dia akan berusia 86 tahun pada akhir masa jabatan kedua pada 2029.
 
Hanya dua bulan tersisa bahkan sebelum dia mendapatkan kunci ke Gedung Putih, orang dalam Washington sudah bertanya: apakah dia akan menjadi presiden satu periode?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sepanjang kampanyenya melawan Donald Trump, Biden - yang disebut oleh Barack Obama sebagai ‘singa sejarah Amerika’, - tetap tidak jelas tentang rencana masa depannya.
 
Ketika ditanya oleh ABC News pada Agustus apakah gagasan untuk bertugas selama delapan tahun ada di radar internalnya, Biden menjawab: "Tentu saja."
 
Namun sebelum itu, pada April, pada acara penggalangan dana, dia mengatakan kepada donor bahwa dia melihat dirinya sebagai "kandidat transisi" - sebuah frase yang mengangkat alis dan memicu spekulasi.
 
Apakah dia mencoba mengatakan bahwa dia adalah tempat terbaik untuk menutup buku tentang Trumpisme, karena pengalaman politiknya selama puluhan tahun dan sifat empati, tetapi kemudian akan memberikan obor kepada generasi baru Demokrat pada 2024?
 
Tak perlu dikatakan bahwa banyak wajah baru dan cerah partai itu bahkan belum lahir ketika Biden pertama kali terpilih menjadi Senat AS pada 1972.
 
Atau apakah dia hanya berbicara tentang transisi dalam arti yang lebih luas, tanpa bermaksud menawarkan pandangan apa pun tentang masa depan?
 
Beberapa hari setelah mengamankan kursi kepresidenan atas Trump, saudara perempuan Biden, Valerie -,yang telah memainkan peran kunci dalam karir politiknya tetapi secara umum tetap di luar perhatian publik,- menyatakan keyakinan bahwa dia akan mencari pemilihan
kembali.
 
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif