Warga Yaman menerima bantuan makanan di Hajjah, 24 Juni 2018. (ESSA AHMED / AFP)
Warga Yaman menerima bantuan makanan di Hajjah, 24 Juni 2018. (ESSA AHMED / AFP)

PBB: 30 Ribu Warga Sipil Yaman Telantar dalam 3 Bulan Terakhir

Willy Haryono • 11 April 2022 22:24
Jenewa: Sekitar 30 ribu warga sipil Yaman telantar di dalam negeri dalam tiga bulan terakhir, menurut data terbaru Agensi Pengungsian Perserikatan Bangsa-Bangsa atau UNHCR pada Senin, 11 April 2022.
 
Dalam pernyataannya, UNHCR mengatakan angka terbaru ini merupakan tambahan dari "4,3 juta (warga sipil Yaman) yang sudah telantar sebelumnya" akibat perang sipil berkepanjangan di negara tersebut.
 
"Perdamaian dan stabilitas (di Yaman) dapat membuat UNHCR bersama mitra-mitranya mengupayakan solusi yang bertahan lama," ujar pernyataan UNHCR, dikutip dari Yeni Safak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya pada bulan ini, utusan PBB untuk Yaman Hans Grundberg berhasil memediasi perjanjian gencatan selama dua bulan antara pemberontak Houthi dan pemerintahan Yaman yang didukung koalisi pimpinan Arab Saudi.
 
Perjanjian gencatan senjata ini merupakan upaya mengakhiri konflik Yaman yang sudah berlangsung selama delapan tahun. Disebutkan bahwa perjanjian ini dapat diperpanjang jika kedua kubu bertikai menyepakatinya.
 
Koalisi Arab Saudi mengintervensi konflik Yaman sejak 2015, dengan tujuan utama memulihkan pemerintahan resmi negara tersebut.
 
Menurut estimasi PBB, hampir 80 persen, atau sekitar 30 juta warga Yaman, membutuhkan bantuan dan perlindungan kemanusiaan, dan sekitar 13 juta lainnya terancam kelaparan.
 
Sebelumnya, Presiden Yaman Abedrabbo Mansour Hadi menyerukan pemberontak Houthi untuk duduk bersama dan bernegosiasi.
 
"Kembalilah ke komponen politik Yaman yang berada di bawah ketetapan nasional, dan datang ke meja dialog untuk berdamai," kata Hadi.
 
Baca:  Presiden Yaman Serukan Negosiasi dengan Houthi untuk Akhiri Perang
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif