Seorang warga menaiki skuter di tengah penerapan lockdown di kota Lille, Prancis pada Sabtu, 20 Maret 2021. (FRANCOIS LO PRESTI / AFP)
Seorang warga menaiki skuter di tengah penerapan lockdown di kota Lille, Prancis pada Sabtu, 20 Maret 2021. (FRANCOIS LO PRESTI / AFP)

Lockdown Terbaru di Prancis dan Polandia Resmi Dimulai

Internasional prancis polandia politik prancis Emmanuel Macron covid-19
Willy Haryono • 20 Maret 2021 19:03
Paris: Masyarakat Polandia dan seperti dari total populasi di Prancis terkena kebijakan penguncian (lockdown) terbaru mulai Sabtu ini, 20 Maret 2021. Ini merupakan upaya kedua negara dalam meredam lonjakan jumlah kasus Covid-19.
 
Sebagian negara Eropa dilanda lonjakan infeksi Covid-19, dan beberapa di antaranya menerapkan kembali berbagai pembatasan yang sebelumnya dilonggarkan atau dicabut sepenuhnya.
 
Lonjakan kasus ini terjadi di tengah minimnya pasokan vaksin Covid-19 untuk program vaksinasi nasional. Masalah pasokan ini membuat benua Eropa rentan terhadap gelombang ketiga pandemi Covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:  Varian Baru Covid-19 Merebak, Prancis Berlakukan Lockdown Sebulan
 
Di Prancis, lockdown terbaru lebih fleksibel dan tidak seketat satu tahun lalu. Sebagian besar pertokoan di Prancis ditutup, namun warga boleh keluar rumah untuk jangka waktu lama dalam radius 10 kilometer.
 
Lockdown terbaru melanda 16 wilayah di Prancis dengan total populasi mencapai sekitar 21 juta jiwa, termasuk mereka yang tinggal di ibu kota Paris.
 
Dilansir dari laman Euronews, pemerintahan Prancis di bawah Presiden Emmanuel Macron menolak menerapkan lockdown ketat meski jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit terus bertambah.
 
Beberapa jam sebelum penerapan lockdown, kemacetan lalu lintas terjadi di sejumlah titik di pinggiran Paris. Kemacetan diakibatkan banyaknya warga Prancis yang meninggalkan ibu kota untuk melarikan diri dari dampak lockdown.
 
Kementerian Transportasi Prancis mengatakan arus lalu lintas melonjak hingga 20 persen dari biasa beberapa jam sebelum lockdown.
 
Sementara di Polandia, lockdown terbaru diterapkan untuk tiga pekan ke depan. Seperti di Prancis, lockdown Polandia juga tidak seketat tahun lalu.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif