Paus Fransiskus melambaikan tangan sesaat sebelum bertolak meninggalkan Irak menuju Vatikan pada Senin, 8 Maret 2021. (AFP/Ahmad Al-Rubaye/Zaid Al-Obeidi/Vatican)
Paus Fransiskus melambaikan tangan sesaat sebelum bertolak meninggalkan Irak menuju Vatikan pada Senin, 8 Maret 2021. (AFP/Ahmad Al-Rubaye/Zaid Al-Obeidi/Vatican)

Biden Sebut Kunjungan Paus Fransiskus ke Irak 'Simbol Harapan'

Internasional amerika serikat konflik irak paus fransiskus irak isis joe biden
Willy Haryono • 09 Maret 2021 15:31
Washington: Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyebut kunjungan bersejarah Paus Fransiskus ke Irak sepanjang pekan kemarin sebagai "simbol harapan bagi seluruh dunia." Fransiskus telah menyelesaikan lawatan selama empat hari ke Irak yang dimulai sejak Jumat kemarin.
 
Dalam kunjungan tersebut, Fransiskus melakukan berbagai agenda yang meliputi pertemuan dengan pejabat Irak dan pemuka agama, mengunjungi daerah bekas jajahan kelompok militan Islamic State (ISIS), dan juga menggelar misa.
 
"Kunjungan Paus Fransiskus merupakan sesuatu yang bersejarah. Kunjungan tersebut menyampaikan pesan penting, seperti apa yang beliau katakan, bahwa 'persaudaraan lebih kuat dibanding pembunuhan saudara sendiri (fratricide), bahwa harapan lebih kuat dari kematian, dan bahwa perdamaian lebih kuat dari perang,'" ujar Biden.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Biden, Irak adalah "rumah bagi salah satu komunitas Kristen tertua dan paling beragam di dunia."
 
"Melihat Paus Fransiskus mengunjungi situs-situs religius seperti tempat kelahiran Abraham, menghabiskan waktu dengan Ayatollah Agung Ali al-Sistani di Najaf, dan berdoa di Mosul adalah simbol harapan bagi seluruh dunia," ungkap Biden, dilansir dari laman Yeni Safak pada Selasa, 9 Maret 2021.
 
Biden mengucapkan selamat kepada pemerintah dan rakyat Irak yang memastikan kunjungan Paus Fransiskus berjalan lancar tanpa insiden berarti.
 
Satu-satunya insiden yang sempat menjadi kekhawatiran adalah dua ledakan di Baghdad, walau kala itu Fransiskus sedang berada di tempat lain.
 
Baca:  2 Bom Guncang Irak di Tengah Kunjungan Paus Fransiskus
 
Bagi Biden, Fransiskus adalah tokoh luar biasa yang berkomitmen kuat terhadap toleransi beragama, hubungan antar manusia, dan pemahaman lintas keyakinan.
 
Fransiskus telah mengakhiri kunjungannya ke Irak pada Senin kemarin.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif