Menlu AS Mike Pompeo saat mendarat di Bandara Paris Le Bourget, Prancis, pada 14 November 2020. (Patrick Semansky/POOL/AFP)
Menlu AS Mike Pompeo saat mendarat di Bandara Paris Le Bourget, Prancis, pada 14 November 2020. (Patrick Semansky/POOL/AFP)

Menlu AS Mike Pompeo Memulai Tur 7 Negara di Prancis

Internasional amerika serikat joe biden donald trump Pilpres AS 2020 Mike Pompeo
Willy Haryono • 15 November 2020 11:30
Paris: Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo mendiskusikan "tantangan global" dengan sekelompok anggota organisasi di Paris dalam memulai tur tujuh negara Eropa dan Timur Tengah pada Sabtu, 14 November. Tur Pompeo dipertanyakan karena tujuh negara dalam daftar kunjungannya sudah mengucapkan selamat kepada presiden terpilih Joe Biden.
 
Sebelumnya dalam konferensi pers di Kemenlu AS, Pompeo mengatakan bahwa proses transisi sedang berlangsung menuju pemerintahan kedua petahana Donald Trump, bukan Biden.
 
Baca:Pompeo Sebut Trump akan Melaju Mulus ke Periode Kedua

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat tiba di Prancis, Pompeo mengumumkan kedatangannya via Twitter. Ia juga mengunggah beberapa foto saat dirinya berdiskusi dengan beberapa anggota Institut Montaigne di Paris.
 
Tur Pompeo kali ini bertujuan untuk mendorong prioritas-prioritas pemerintahan Trump, termasuk kunjungan ke permukiman Israel di Tepi Barat yang belum pernah dilakukan menlu-menlu AS sebelum dirinya.
 
Pompeo -- begitu juga dengan Trump dan sebagian anggota Partai Republik -- belum mau mengakui kemenangan Biden dalam pemilu AS. Sikap tak biasa dari pejabat dan pemerintahan AS ini diyakini akan membuat kunjungan Pompeo ke tujuh negara terasa canggung.
 
Dalam kunjungannya ke Institut Montaigne, Pompeo membahas mengenai "berbagai tantangan global" saat ini, mulai dari "terorisme hingga ke pandemi covid-19."
 
Kunjungan Pompeo dilakukan saat Prancis sedang menerapkan kebijakan penguncian (lockdown) dalam memerangi gelombang kedua covid-19. Kontras dengan orang-orang yang duduk di dekatnya di Institut Montaigne, Pompeo tidak memakai masker.
 
Senin besok, Pompeo dijadwalkan bertemu Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Menlu Jean-Yves Le Drian. Menurut kantor kepresidenan Macron, presiden Prancis sudah berbicara dengan Biden sekitar empat hari lalu dalam membahas beberapa area kerja sama, seperti perubahan iklim, memerangi terorisme, dan kesehatan.
 
"Saat ini, Menlu AS adalah Mike Pompeo, hingga 20 Januari mendatang. Dia datang ke Paris, jadi saya pun menyambutnya," kata Le Drian kepada media BFMTV.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif