Petugas penyalamat berada di dekat rumah warga yang dievakuasi dari sekitar Gunung Cumbre Vieja. Foto: AFP
Petugas penyalamat berada di dekat rumah warga yang dievakuasi dari sekitar Gunung Cumbre Vieja. Foto: AFP

Kesaksian Warga Canary Island Selamatkan Diri dari Erupsi Gunung Cumbre Vieja

Fajar Nugraha • 21 September 2021 09:34
La Palma: Penduduk Canary Island melarikan diri saat Gunung berapi Cumbre Vieja di Spanyol melampiaskan amarahnya. Sekitar 100 rumah warga hancur akibat dihantam material yang dimuntahkan gunung api tersebut.
 
Warga bergegas untuk menyelamatkan diri tepat sebelum gunung berapi meletus, menyemburkan lahar cair ke lereng gunung. Mereka membawa apapun benda berharga yang dimiliki bahkan kambing, ayam, dan kura-kura.
 
Baca: Rumah-Rumah Hancur Terkena Lava Pijar Gunung Berapi Cumbre Vieja.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal ini dialami oleh Yahaira Garcia. Dia dan suaminya, yang tinggal di dekat kilang anggur Bodegon Tamanca di kaki gunung berapi La Cumbre Vieja di Pulau La Palma, Spanyol, memutuskan untuk pergi pada Minggu tepat sebelum erupsi dimulai.
 
"Kami memutuskan untuk pergi bahkan sebelum mereka memberikan perintah evakuasi setelah malam gempa bumi yang sangat mengerikan. Rumah saya bergetar begitu hebat hingga rasanya seperti akan runtuh," kata pria berusia 34 tahun itu kepada AFP melalui telepon.
 
"Kami sedang dalam perjalanan ketika kami menyadari gunung berapi telah meletus,” ujarnya.
 
Dia pergi dengan mobilnya dan mengambil miliknya untuk pergi dan menjemput orang tuanya dan hewan mereka: empat kambing, dua babi, 20 ayam, 10 kelinci, empat anjing dan kura-kura.
 
"Saya gugup, khawatir, tapi kami aman," ujarnya Garcia.
 
Di daerah pemukiman yang mengapit gunung berapi, ratusan polisi dan petugas sipil Guardia didakwa dengan evakuasi, dengan pekerjaan berlanjut hingga malam, rekaman polisi menunjukkan.
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif