Menlu Retno Marsudi bertemu dengan Menlu Inggris Liz Truss. Foto: Dok.Kemenlu RI
Menlu Retno Marsudi bertemu dengan Menlu Inggris Liz Truss. Foto: Dok.Kemenlu RI

Rangkaian Bilateral Menlu di New York Diisi Bahasan Kesetaraan Vaksin

Internasional menlu retno lp marsudi pandemi covid-19 vaksin covid-19 Vaksinasi covid-19 Sidang Majelis Umum PBB 2021
Fajar Nugraha • 22 September 2021 15:01
New York: Di sela-sela Sidang Majelis Umum ke-76 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melakukan rangkaian pertemuan bilateral. Pandemi covid-19 dan kesetaraan vaksin menjadi pembahasan.
 
Senin 20 September 2021 waktu New York, Amerika Serikat (AS), Menlu Retno telah melakukan pertemuan dengan Menlu Inggris yang baru Liz Truss. Truss adalah Menlu perempuan Inggris dari Partai Konservatif.
 
“Kita membahas kerja sama selama pandemi. Indonesia menyampaikan apresiasi atas dukungan vaksin yang diberikan oleh Inggris kepada Indonesia,” ujar Menlu Retno Marsudi dalam keterangan virtual dari New York, Selasa 21 September 2021 atau Rabu 22 September 2021 pagi WIB.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Saya menjelaskan mengenai situasi covid-19 di Indonesia yang sudah sangat melandai dan membaik. Saya berikan semua data perbandingan, yaitu misalnya kasus covid-19 di Indonesia pada bulan Juli dengan situasi covid-19 di Indonesia pada bulan September yang menunjukkan penurunan yang sangat signifikan,” jelasnya.
 
“Harapan saya adalah data-data yang saya sampaikan ini akan digunakan oleh otoritas Inggris sebagai masukan untuk melakuan review terhadap red green list mereka,” ucap Menlu.
 
Selain itu Menlu turut menambahkan, di dalam pertemuan keduanya juga bicara melakukan tukar pikiran mengenai isu Myanmar dan Afghanistan.
 
“Menlu Inggris berencana untuk berkunjung ke Indonesia pada akhir tahun ini untuk menindaklanjuti semua pembicaraan yang kita lakukan pada Senin kemarin. Juga membahas kerja sama yang lebih strategis antara kedua negara,” tambah Menlu.
 
Masih di Senin, Menlu turut menjelaskan melakukan pertemuan dengan Presiden SMU PBB ke-76.  Pertemuan itu banyak membahas isu terkait dengan keseteraan vaksin dan juga pemberdayaan perempuan.
 
Rangkaian Bilateral Menlu di New York Diisi Bahasan Kesetaraan Vaksin
Menlu Retno Marsudi bersama dengan Presiden SMU PBB Abdulla Shahid. Foto: Kemenlu RI
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif