Jembatan rel kereta yang roboh di Mexico City menyebabkan 24 orang tewas. Foto: AFP
Jembatan rel kereta yang roboh di Mexico City menyebabkan 24 orang tewas. Foto: AFP

Presiden Meksiko Janjikan Penyelidikan Menyeluruh Robohnya Jembatan Kereta

Fajar Nugraha • 05 Mei 2021 07:53
Mexico City: Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador pada Selasa 24 Mei menjanjikan penyelidikan mendalam untuk menemukan mereka yang bertanggung jawab atas kematian sedikitnya 24 orang dalam robohnya jalur kereta metro di Mexico City. Pembangunan jalur itu diketahui dipenuhi dengan masalah.
 
Hingga saat layanan darurat di ibu kota Meksiko masih berupaya untuk mengambil mayat para korban yang masih terperangkap di reruntuhan gerbong yang jatuh ke tanah pada Senin malam.
 
Baca: Korban Terus Bertambah dalam Insiden Robohnya Jembatan Rel Kereta Meksiko.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setidaknya belasan orang turut terluka dalam kecelakaan itu dan menjadi salah satu kecelakaan yang terburuk yang pernah terjadi di metro Mexico City. Kecelakaan juga menimbulkan pertanyaan tentang standar konstruksi dan pemeliharaan pada jaringan yang digunakan oleh jutaan orang setiap hari.
 
"Penyelidikan menyeluruh akan dilakukan untuk mengetahui kebenaran," kata Presiden Obrador pada konferensi pers hariannya, seperti dikutip AFP, Rabu 5 Mei 2021.
 
Obrador menambahkan bahwa pakar internasional independen akan membantu jaksa dalam penyelidikan tersebut.
 
"Kita tidak bisa berspekulasi, apalagi menyalahkan kemungkinan pelaku tanpa bukti," tambahnya.
 
Jalur metro dibangun saat Menteri Luar Negeri Marcelo Ebrard menjadi Wali Kota Mexico City pada 2006-2012. Ebrard dikenal sebagai sekutu dekat Lopez Obrador,
 
“Saya menyerahkan diri sepenuhnya kepada pihak berwenang," kata Ebrard, yang dianggap sebagai salah satu kandidat partai yang berkuasa untuk pemilihan presiden 2024.
 
Baca: Korban Kecelakaan Kereta Meksiko Jadi 20 Orang, Termasuk Anak-Anak.
 
Pada 2014, penerus Ebrard sebagai wali kota, Miguel Angel Mancera, menangguhkan layanan di belasan stasiun di jalur metro yang sama karena perbaikan diperlukan karena keausan yang berlebihan.
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif