Pangeran William dan Harry dalam seragam militer menghadiri peringatan berakhirnya Perang Dunia I, pada November 2019. Foto: AFP
Pangeran William dan Harry dalam seragam militer menghadiri peringatan berakhirnya Perang Dunia I, pada November 2019. Foto: AFP

William dan Harry Tak Berdampingan di Prosesi Pemakaman Pangeran Philip

Renatha Swasty • 16 April 2021 07:55
London: Pangeran William dan Pangeran Harry tidak akan berjalan berdampingan dalam prosesi di belakang peti mati Pangeran Philip pada prosesi pemakamannya. Hal ini terungkap dalam rincian dari Istana Buckingham.
 
Pada Kamis, Istana Buckingham di Inggris merilis rincian lebih lanjut tentang upacara pemakaman kerajaan Pangeran Philip. Prosesi itu yang akan berlangsung di Kastil Windsor pada Sabtu 17 April 2021 sore waktu setempat.
 
Pangeran Philip meninggal pada usia 99 di Kastil Windsor pada 9 April setelah 73 tahun menikah dengan Ratu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Masih Berkabung, Ratu Elizabeth II Sudah Kembali Bekerja.
 
Istana mengatakan Harry dan William -,yang dilaporkan belum berbicara sejak wawancara eksplosif Duke of Sussex (gelar Harry) dengan Oprah Winfrey bulan lalu,- akan dipisahkan oleh sepupu mereka Peter Philips. Pemisahan dilakukan saat mereka mengambil bagian dalam prosesi pemakaman untuk mengawal peti mati Duke of Edinburgh (gelar Pangeran Philip) ke dalam Kapel St George, di dalam Kastil Windsor.
 
Prosesi yang beranggotakan 15 orang itu akan dipimpin oleh Pangeran Charles dan Putri Anne, anak tertua dari Ratu dan Pangeran Philip.
 
Di belakang mereka akan ada dua adik laki-laki mereka, Pangeran Edward dan Pangeran Andrew, diikuti oleh Harry, Peter Phillips dan William.
 
"Kami tidak akan tertarik pada persepsi drama itu, atau semacamnya," kata seorang juru bicara istana ketika ditanyai oleh wartawan mengenai keputusan untuk memisahkan saudara-saudara itu.
 
"Ini adalah pemakaman,” tegasnya.
 
"Pengaturannya telah disepakati, dan itu mewakili keinginan Yang Mulia (Ratu Elizabeth),” imbuh pihak Istana Buckingham, seperti dikutip ABC, Jumat 16 April 2021.
 
Ratu akan mengikuti prosesi di mobil kerajaan Bentley dan satu menit mengheningkan cipta nasional akan berlangsung pada pukul 15:00 waktu setempat, 50 menit sebelum misa dimulai.
 
Istana juga mengungkapkan gambar pertama Land Rover yang dibangun khusus oleh Pangeran Philip yang membantu desain untuk membawa peti matinya ke pemakamannya sendiri.
 
Mobil Land Rover awalnya dibuat pada 2003, ketika Duke berusia 82 tahun, dan dia mendesain bagian belakang atas terbuka yang akan menahan petinya. Mobil itu telah dipelihara dan diperbarui oleh Land Rover selama bertahun-tahun, dengan modifikasi terbaru terjadi pada 2019.
 

 
Karena pembatasan akibat pandemi covid-19, akan hanya ada 30 orang hadir di dalam Kapel St George. Pengaturan termasuk Ratu Elizabeth yang akan duduk sendiri, akan mengenakan masker dan menjaga jarak sosial.

Tak ada seragam militer

Ratu Inggris Elizabeth II turun tangan menyelesaikan persoalan pakaian yang bakal dikenakan bangsawan senior saat pemakaman suaminya. Dia memutuskan anggota keluarga kerajaan tidak memakai seragam militer di pemakaman Pangeran Philip, Sabtu, 17 April 2021.
 
Baca: Keluarga Kerajaan Tidak Memakai Seragam Militer saat Pemakaman Pangeran Philip.
 
Dengan keputusan itu, Pangeran Harry, cucu Philip, tidak akan menjadi satu-satunya anggota keluarga inti yang tidak mengenakan seragam militer saat pemakaman. Keluarga kerajaan senior biasanya menggunakan pakaian militer sebagai penghormatan.
 
Namun, Harry kehilangan gelar militer kehormatan. Hal itu lantaran dia memutuskan mundur dari tugas kerajaan.
 
Pangeran Andrew atau Duke of York juga telah mengundurkan diri dari tugas kerajaan. Pengunduran diri lantaran persahabatannya dengan terpidana pelaku kejahatan seks, Jeffrey Epstein, pada 2019.
 
Keputusan ini melanggar tradisi upacara pemakaman kerajaan dan akan kontras dengan kehadiran militer untuk menghormati Philip. Duke of Edinburgh itu turut andil dalam Perang Dunia Kedua.
 
Berdasarkan protokol, Pangeran Harry hanya dapat mengenakan jas lengkap dengan medali di acara kerajaan.
 
(REN)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif