Seorang petugas sedang menghitung surat suara di salah satu pusat penghitungan di Detroit, Michigan pada 4 November 2020. (JEFF KOWALSKY/AFP)
Seorang petugas sedang menghitung surat suara di salah satu pusat penghitungan di Detroit, Michigan pada 4 November 2020. (JEFF KOWALSKY/AFP)

Kubu Trump Gugat Hasil Penghitungan Suara di Michigan

Internasional amerika serikat joe biden donald trump Pilpres AS 2020
Willy Haryono • 11 November 2020 14:16
Michigan: Tim kampanye Presiden Amerika Serikat Donald Trump akan melayangkan gugatan baru ke pengadilan Michigan, untuk meminta negara bagian tersebut tidak mengonfirmasi hasil pemilu. Kubu Trump baru akan menerima hasil pemilu di Michigan jika semua surat suara yang dihitung terbukti sah dan tidak melanggar hukum.
 
"Kami ingin memastikan tidak ada satu pun suara yang diberikan secara ilegal (di Michigan)," kata pengacara tim kampanye Trump, Matt Morgan, dilansir dari laman Tass pada Rabu, 11 November 2020.
 
Di Washington, Menteri Luar Negeri Mike Pompeo mengaku telah berbicara dengan sejumlah pemimpin negara lain terkait pemilu AS dalam wawancara bersama Fox News. Ia mengatakan bahwa proses penghitungan suara pemilu AS belum berakhir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski proses penghitungan suara memang belum 100 berakhir, media-media besar AS telah memproyeksikan Joe Biden sebagai pemenang pemilu AS. Biden telah memperoleh lebih dari 270 electoral college atau suara elektoral yang dibutuhkan untuk menjadi seorang presiden AS.
 
Namun hingga saat ini Trump belum juga mengakui kekalahan, dan justru mengklaim dirinya adalah pemenang sembari terus melayangkan tuduhan kecurangan kepada Demokrat dan Biden.
 
Pompeo turut mendukung sikap dan langkah petahana, dengan mengatakan bahwa "akan ada transisi mulus menuju pemerintahan kedua Trump." Pompeo terlihat sedikit tersenyum saat mengatakan "pemerintahan kedua Trump," sehingga membuat awak media bertanya-tanya apakah ia sedang bercanda atau tidak.
 
Seperti tim kampanye Trump, Pompeo juga menyinggung mengenai gugatan hukum penghitungan suara di beberapa negara bagian. Namun hingga saat ini, belum ada satu pun dari gugatan Trump yang membuahkan hasil.
 
Sebelumnya, Jaksa Agung AS William Barr mempersilakan jaksa-jaksa federal untuk menginvestigasi dugaan kecurangan pemilu, dengan catatan jika hal tersebut memang ada dan tidak dibuat-buat.
 
Baca:Jaksa Agung AS Izinkan Investigasi Jika Memang Ada Kecurangan Pemilu
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif