Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (kanan) bertemu PM Israel Yair Lapid (kiri) di New York, AS, 20 September 2022. (Twitter/ @trpresidency)
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (kanan) bertemu PM Israel Yair Lapid (kiri) di New York, AS, 20 September 2022. (Twitter/ @trpresidency)

Makin Mesra, Erdogan dan PM Israel Ketemuan di New York

Marcheilla Ariesta • 21 September 2022 16:02
New York: Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Perdana Menteri Israel Yair Lapid melakukan pertemuan di sela-sela Sidang Majelis Umum ke-77 PBB di New York, Amerika Serikat (AS). Pertemuan ini menjadi tatap muka pertama antara pemimpin kedua negara sejak 2008.
 
Kendati baru kali pertama, hubungan Israel-Turki -- yang lama membeku di tengah perseteruan terkait perjuangan Palestina -- telah menghangat dalam beberapa bulan terakhir. Dalam pertemuan di New York, energi menjadi isu utama pembahasan Erdogan dan Lapid.
 
"Selain membahas energi, PM Lapid berterima kasih kepada Presiden Erdogan yang berbagi intelijen negara dan juga mencatat permintaan Israel mengenai pengembalian empat warga Israel -- dua di antaranya tentara -- yang hilang di Jalur Gaza sejak perang 2014," kata kantor Lapid, dilansir dari AFP, Rabu, 21 September 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam pidatonya di Sidang Majelis Umum PBB, Erdogan menyerukan pembentukan negara Palestina dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya.
 
Ia juga mengatakan bahwa Turki "bertekad mengembangkan hubungan dengan Israel demi masa depan, perdamaian dan stabilitas. Bukan hanya masa depan dan perdamaian kawasan, tapi juga Israel, masyarakat Palestina dan kami sendiri."
 
Bulan lalu, Turki dan Israel mengumumkan pemulihan hubungan diplomatik dan rencana untuk saling bertukar duta besar.
 
Hubungan kedua negara memburuk sejak 2011, setelah Ankara mengusir dubes Israel terkait laporan PBB mengenai penyerbuan Israel terhadap kapal bantuan Mavi Marmara yang menewwaskan sembilan warga Turki.
 
Ketegangan tersebut membaik pada 2016 dan terus berkembang hingga saat ini.
 
Baca:  Pertemuan Erdogan-Presiden Israel Hidupkan Kembali Dialog Politik
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif