Sekjen PBB saat mengunjungi kota Kiev, Ukraina, 29 April 2022. (Sergei SUPINSKY / AFP)
Sekjen PBB saat mengunjungi kota Kiev, Ukraina, 29 April 2022. (Sergei SUPINSKY / AFP)

Rusia Mengakui Serangan di Kiev saat Kunjungan Sekjen PBB

Internasional pbb Vladimir Putin Rusia-Ukraina Sekjen PBB Volodymyr Zelensky Perang Rusia-Ukraina Rusia vs Ukraina
Willy Haryono • 30 April 2022 10:20
Moskow: Rusia mengakui sebuah serangan udara di Kiev yang dilakukan saat Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres mengunjungi ibu kota Ukraina tersebut pada Kamis kemarin. Serangam tersebut menewaskan seorang jurnalis.
 
Vera Gyrych, seorang produser untuk Radio Free Europe/Radio Liberty, tewas saat sebuah rudal Rusia mengenai bangunan tempat tinggalnya di Kiev.
 
Dikutip dari India Today, Sabtu, 30 April 2022, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa "sebuah senjata jarak jauh dengan presisi tinggi telah menghancurkan bangunan produksi ruda Artyom di Kiev."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa serangan tersebut adalah upaya Rusia "untuk mempermalukan PBB" dan semua yang diwakili oleh badan global tersebut.
 
Sebelumnya di hari yang sama, Guterres mengunjungi kota Bucha dan wilayah pinggiran Kiev lainnya yang diduga menjadi lokasi berlangsungnya kejahatan perang oleh Rusia. Moskow berulang kali membantah telah membunuh warga sipil di Ukraina.
 
Jerman mengatakan serangan "tak berperikemanusiaan" yang dilakukan saat kunjungan Guterres menunjukkan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin "tidak menghormati aturan internasional."
 
Baca:  Kunjungan Sekjen PBB ke Kiev Disambut dengan Tembakan Rudal Rusia
 
Serangan yang menimbulkan ledakan kencang itu menghancurkan banyak bagian tembok dan pintu, membuat puing-puing bangunan berserakan di jalan.
 
"Saya rasa Rusia tidak takut oleh apa pun, termasuk penghakiman dari komunitas global," sebut Anna Hromovych, deputi direktur sebuah klinik kesehatan yang rusak di Kiev, kepada kantor berita AFP.
 
Sementara itu, Putin dijadwalkan menghadiri KTT G20 di Bali pada November mendatang. Konfirmasi kehadiran ini disampaikan usai Putin berbicara dengan Presiden Joko Widodo. Beberapa hari sebelumnya, Zelensky juga mengaku telah diundang Presiden Jokowi.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif