Sebuah sesi di Majelis Umum PBB. (Foto: AFP)
Sebuah sesi di Majelis Umum PBB. (Foto: AFP)

PBB Berikan Dukungan Penuh untuk Lebanon

Internasional Ledakan Lebanon
Willy Haryono • 11 Agustus 2020 15:13
New York: Perserikatan Bangsa-Bangsa menyuarakan solidaritas "total" untuk Lebanon, dengan mengatakan akan terus mendukung negara tersebut "lewat berbagai cara" usai terjadinya ledakan dahsyat di Beirut pekan kemarin. Ledakan tersebut menewaskan sedikitnya 200 orang dan melukai ribuan lainnya.
 
"Ledakan terjadi ketika Lebanon sudah ditimpa sejumlah kesulitan, terutama di bidang ekonomi dan juga pandemi virus korona (covid-19)," kata Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dalam sebuah keterangan pers.
 
Ia menyampaikan belasungkawa kepada semua korban, dan juga menyerukan adanya "dukungan kuat dari komunitas global" untuk semua warga yang membutuhkan di Lebanon.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Guterres menekankan bahwa PBB telah melakukan sebuah "respons cepat dan luas" dalam membantu Lebanon mengatasi dampak ledakan di Beirut.
 
"Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan membantu mengkoordinasikan pengerahan tim ahli untuk membantu petugas penyelamat di Beirut," sebutnya.
 
"Sebuah pesawat yang mengangkut 20 ton pasokan medis dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga sudah mendarat di Beirut untuk menolong korban luka," ungkap Guterres.
 
Beberapa jam usai ledakan, koordinator PBB untuk Lebanon Najat Rochdi langsung merilis dana sebesar USD9 juta (Rp132 miliar) dari Dana Kemanusiaan Lebanon untuk mengatasi kebutuhan darurat korban.
 
Selang beberapa hari, Koordinator Bantuan Darurat PBB Mark Lowcock merilis tambahan dana bantuan sebesar USD6 juta (Rp88 miliar).
 
PBB juga mendukung Palang Merah Lebanon dan mitra-mitra lainnya dalam menghadirkan tempat penampungan sementara bagi korban ledakan yang kehilangan tempat tinggal.
 
Baca:PM Lebanon Mengundurkan Diri
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif